Festival Belanja Online Bidik Revenue 3 Kali Lipat

Festival Belanja Online (FBO) akan kembali digelar. Tahun ini dengan jumlah peserta lebih banyak, ditargetkan revenue yang akan dicapai bisa mencapai tiga kali lipat dibanding tahun lalu.

Perhelatan pesta belanja online terbesar ini akan diikuti lebih dari 160 ecommerce tahun ini. Peserta naik 54,4% dibanding tahun lalu yang berjumlah 87 peserta.

FBO yang memasuki tahun kelima ini mengusung tema #Guelokal sebagai komitmen penyelenggara dalam mendukung produk lokal. Maka itu pada FBO kali mengajak partisipan ecommerce untuk mengangkat produk-produk dalam negeri, karya terbaik bangsa ini.

Tak tanggung-tanggung, FBO 2018 yang mengusung produk lokal ini turut didukung oleh Kemenkominfo, BCA, Triplogic dan OY! Indonesia.

Founder and Committee Lead Festival Belanja Online, Muhammad Arief, memaparkan Festival Belanja Online selama penyelenggaraan yang sudah memasuki tahun kelima ini, pesta belanja online ini terus memberikan beragam promo produk serta jasa dengan harga terbaik yang pastinya menguntungkan bagi para pecinta belanja online, “Tahun ini kami berikan diskon terbaik hingga 95 persen dan Cashback hingga 100 persen di program Cashback Party selama event berlangsung di 25 – 30 November 2018,” imbuhnya.

Pihaknya berharap dengan tema #GueLokal pelaku bisnis lokal, terutama UMKM, startup lokal dan distributor produk lokal mendapat tempat ujuk gigi di halaman festivalbelanjaonline.com.

Jumlah peserta FBO yang terus meningkat hingga 300% setiap tahunnya, turut berdampak pada peningkatan penjualan dan trafik hingga 3 kali lipat. Diakui oleh Arif, tahun ini FBO menargetkan peningkatan penjualan dan trafik sebanyak 4 kali lipat dibanding hari-hari normal lainnya.

Jesayas Ferdinandus, Chief Executive Officer OY! Indonesia, mengatakan pihaknya percaya berkomunikasi dan berkolaborasi, Indonesia bisa jadi lebih hebat. Karena itu, OY! hadir sebagai platform komunikasi pertama di Indonesia yang berkolaborasi dengan banyak pihak untuk memberikan kemudahan transfer antar pengguna dan pemilik usaha. “Dengan OY! transfer antar bank jadi lebih mudah, lebih cepat, dan tidak kena biaya,” klaimnya.

Oki Earlivan Sampurno, Chief Executive Officer Triplogic, mengamini Fernandus, bahwa kolaborasi kunci bisnis saat ini, bersama FBO ini memperkuat ekosistem yang ada dengan upaya pertumbuhan transaksi dan sharing economy bagi para pelaku UMKM di Indonesia. “Triplogic hadir sebagai end to end logistics platform yang memadukan seluruh kebutuhan bisnis dalam satu ekosistem, meliputi: logistik, travel, marketplace, retail & financing,” katanya. 

Ia menyebut tahun lalu penjualan FBO mencapai hampir Rp 1 triliun, maka itu dengan jumlah peserta besar tahun ini setidaknya tiga kali lipat target penjualan naik dibanding tahun lalu akan tercapai. Walau tidak dirinci porsinya, setelah fasyen dan gawai, yang diprediksi naik tinggi di FBO tahun ini adalah kategori travel karena banyak pemain makin banyak.

Pada kesempatan yang sama Client Solution Manager Facebook Indonesia, Ernest Ferdian memaparkan riset tentang tren belanja online di Indonesia dan memberikan insight pada pelaku bisnis online yang hadir saat peluncuran sehingga bisa mengambil strategi yang tepat di FBO ini sehingga bisa mencapai hasil maksimal.

“Data dari jelang holiday terakhir bahwa 1 dadi 2 orang Indonesia menjadikan mobile online sebagai pilihan berbelanja pertama mereka,” ungkapnya. Kenaikan belanja mobile online pun naik 21% tahun ini dan didominasi milenial sebanyak 90%.

“Sebanyak 53% target penjualan tidak tercapai jika tidak didukung penjualan online mobile,” tuturnya. Riset Facebook dalam 2 tahun terakhir, menunjukkan promo terbaik adalah jelang November. Karena di bulan ini terjadi kenaikan pembelian hingga 30%, lonjakan tertinggi terjadi diakhir Desember sampai 50%. 

“Waktu luang seperti saat makan siang, merupakan saat terbaik untuk promo dan puncak pembelian tidak seperti di luar negeri yang jatuh di weekend, justru di Indonesia berbeda lonjakan terjadi di hari Kamis, weekend justru turun. Di sini pada Kamis bisa 3 kali lipat naiknya,” terangnya. Dan untuk promo dan inspirasi kepada pembeli, menurutnya para penggemar belanja online di Indonesia lebih suka dengan konten video yang menarik. 

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)