Festival Jajan Bango Ramaikan Gelaran Moto GP 2022

Konferensi Pers Penyelenggaran Festival Jajan Bango di Mandalika

Festival Jajanan Bango (FJB) 2022 kembali di gelar tahun ini di Mandalika. Acara tahunan tersebut rencananya akan digalar pada tanggal 18 Maret hingga 20 Maret 2022 mendatang. Berlokasi di area Pantai Kuta Mandalika, puluhan kuliner dari berbagai wilayah Indonesia siap mendukung gelaran Moto GO Mandalika 2022.

Sebagaimana diketahui, saat ini Indonesia sedang berada dalam fase pemulihan ekonomi. “Kuliner Indonesia adalah salah satu sub sektor ekonomi kreatif yang berperan besar pada kebangkitan perekonomian,” kata Muhammad Neil El Himam, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Menyitir data Focus Economy Outlook 2020, kuliner Indonesia berkontribusi sebesar 41% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Total produk kuliner Indonesia mencapai US$ 27,5 miliar per tahunnya. Ini memperlihatkan kontribusi kuliner merupakan salah satu tulang punggung perekonomian kreatif Indonesia.

 “Komitmen kami sebagai Pemerintah untuk dapat bekerja sama dengan pihak stakeholder seperti Bango memberi semangat yang luar biasa untuk terus berkolaborasi,” ujar Neil. Lebih jauh dia berharap acara ini dapat menjadi langkah untuk memperkenalkan dan melestarikan keanekaragaman kuliner Indonesia, tidak hanya di nasional namun dunia.

Sementara itu, Hernie Raharja, Direktur Foods & Refreshment PT Unilever Indonesia, menjalaskan bahwa Bango telah secara konsisten melestarikan dan memajukan kekayaan kuliner Indonesia melalui berbagai program dan aktivitas, salah satunya melalui FJB yang di gelar sejak 2005. “Bango percaya bahwa FJB dapat menjadi katalisator yang kuat untuk memperkuat komitmen bersama dalam melestarikan warisan kulinerIndonesia,” ujarnya.

FJB Mandalika 2022 akan menghadirkan 6 penjaja kuliner legendaris dari berbagai wilayah Indonesia. Selian itu, di tahun ini juga dihadrikan 27 UMKM kuliner lokal khas Nusa Tenggara Barat. “Lewat FJB Mandalika 2022 juga kami harap mampu membantu para penjaja kuliner, khususnya kuliner lokal dari NTB, untuk semakin dikenal luas, baik di dalam negeri maupun ke kancah dunia,” kata Hernie menutup pembicaraan.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)