Festival Kreatif Lokal 2021 Motivasi 9 UKM Local Hero Labuan Bajo

Para finalis Festival Kreatif Lokal 2021 di Destinasi Super Prioritas Labuan Bajo.

Festival Kreatif Lokal 2021 berhasil memilih 9 local heroes di Destinasi Super Prioritas Labuan Bajo, yang akan masuk ke babak final untuk meraih Kreatif Lokal Award. Mereka terpilih setelah diseleksi dari 33 UKM bidang usaha fesyen, kuliner, dan kriya.

Sembilan UKM local hero yang akan mewakili Labuan Bajo ke babak final dari kategori kuliner yakni Timor Moringa, New Eden Moringa dan CV Beumopu Elba Jaya (Mama Ana). Lalu kategori kriya terdapat Tinung Rambu, Rempe Sikka dan Lipa Tenung. Serta kategori fashion yaitu Wualime Waesano, Komodo Gift Shop dan Padu Padan

Selanjutnya, mereka yang terpilih ini akan mendapatkan pelatihan lebih intensif dari Prasetya Mulya Executive Learning Insitute (ELI) dan Entrepreneur Camp, untuk memberikan memotivasi agar memiliki mental dan semangat mengembangkan usaha, sehingga dalam menjalankan bisnis dapat selalu menghadirkan inovasi demi keberlanjutan usaha agar terus tumbuh. Pelatihan yang diberikan akan menggunakan metode praktik, sehingga dapat langsung diterapkan para UKM dalam menumbuhkan usaha kreatif mereka.

”Inovasi harus disadari pelaku UKM sebagai kunci dalam mengelola bisnis, karena membuka peluang untuk mengikuti perubahan dan perkembangan zaman, sehingga usaha dapat bertahan menghadapi berbagai tantangan,” terang Surya Almada Syahlani, Kepala Wilayah Bali dan Nusa Tenggara Adira Finance.

Melalui Festival Kreatif Lokal 2021, Adira Finance mendukung upaya pemerintah dalam memajukan UKM sektor ekonomi kreatif di Destinasi Super Prioritas agar bersama-sama tumbuh membangun perekonomian Indonesia. Program ini diselenggarakan sejalan dengan visi perusahaan dalam ‘Menciptakan nilai bersama untuk meningkatkan kesejahteraan’.

Di samping itu, ajang tahunan kolaborasi Adira Finance dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) ini turut menumbuhkan semangat terus maju bagi pelaku UKM dalam mengelola bisnis dan menghadapi masa penuh tantangan.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata pada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Manggarai Barat, Ferdinandus Ben sependapat mengenai peran penting inovasi dalam upaya UKM untuk menumbuhkan bisnisnya. Untuk itu, pihaknya mengapresiasi Adira Finance yang terus mendukung pelaku UKM di sektor pariwisata melalui Festival Kreatif Lokal 2021.

“Festival Kreatif Lokal 2021 bukti kepedulian Adira Finance terhadap pelaku UKM di sektor pariwisata. Kegiatan ini akan menjadi modal bagi pelaku usaha kreatif di Destinasi Super Prioritas untuk tumbuh dan menunjukkan semangat terus maju di tengah tantangan,” ujar Ferdinandus.

Selain pembekalan dan pelatihan, sembilan UKM local heroes dari Labuan Bajo akan dinilai Dewan Juri, yang terdiri dari para tokoh dengan kepakaran dan pengalaman dalam bidang bisnis serta ekonomi kreatif. Dewan juri ini terdiri dari pendiri M Bloc Space, Handoko Hendroyono, sebagai Ketua Dewan Juri; serta sebagai anggota dewan juri adalah Direktur Utama Adira Finance, Hafid Hadeli; Deputi Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf RI, Nia Niscaya; Direktur SDM & Marketing Adira Finance, Swandajani Gunadi; Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf, Yuana Rochma Astuti; serta Direktur Adira Insurance, Wayan Pariama.

Dewan juri akan menilai berdasarkan inovasi dan orisinalitas produk, visi-misi, model bisnis, serta strategi bisnis yang dikembangkan para UKM. UKM local hero terbaik pilihan juri berhak mendapatkan penghargaan yang akan diserahkan saat acara Gebyar Adira Kreasi pada 13 November 2021, bertepatan dengan perayaan HUT ke-31 Adira Finance di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)