Fi Asia 2018 Targetkan 20 Ribu Pengunjung

UBM kembali akan menyelenggarakan Food Ingredients (Fi) Asia, pameran akbar industri bahan baku makanan & minuman se-ASEAN, untuk ke-23 kalinya. Pada tahun ini, pameran akan berlangsung di Jakarta International Expo pada 3-5 Oktober 2018.

Fi Asia 2018 akan menghadirkan lebih dari 750 pemasok dan distributor sektor Food & Beverages (F&B) ternama mulai dari lokal, regional, sampai internasional. Acara ini menargetkan 20 ribu pengunjung, meningkat dari target tahun lalu yang sebesar 18 ribu pengunjung.

“Tahun ini diperkirakan lebih dari 20 ribu pengunjung akan hadir dari kalangan professional F&B. Pengunjung bisa menemukan ide-ide, diskusi, penemuan terbaru, teknologi terkini, solusi dalam memformulasi permintaan pasar, supaya bisa lebih kompetitif dan memiliki nilai tambah produk, dan masih banyak lagi. Fi Asia 2018 adalah rute penting untuk memasuki pasar F&B ASEAN,” ujar Rose Chitanuwat, Group Director UBM ASEAN.

Rose menambahkan, acara ini akan menampilkan sisi edukasi yang lebih luas dari sebelumnya. Adanya konferensi internasional dan 60 seminar teknis yang disampaikan oleh para pakar dari industri, Innovation Zone, Innovation Tour, Discovery Tour, dan Food Product Development Competition.

Menurut laporan dari United States Department of Agriculture, dengan 265 juta konsumen di tahun 2018, nilai dari industri pengolahan F&B diperkirakan sebesar Rp 1,238 triliun dengan bahan baku terhitung  sebesar Rp 791,8 triliun.

Di Indonesia sendiri, Industri F&B merupakan salah satu industri yang masuk dalam prioritas pemerintah. Menurut data dari Institute fo Development of Economics and Finance (INDEF), industri makanan dan minuman Indonesia cenderung tumbuh di atas 10% sampai 2019.

Adhi S Lukman, Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Seluruh Indonesia (GAPMMI), juga mengatakan bahwa industri makanan dan minuman masih menjanjikan baik untuk manufaktur dalam negeri maupun importir. “Perkiraannya bahwa industri makanan dan minuman akan bertumbuh tahun ke tahun lebih dari 10% pada tahun 2018,” ujar Adhi.

Sebagai acara dua tahunan, penyelenggaraan pameran Fi Asia di Jakarta tahun 2018 ini merupakan yang ke-5 kalinya. Area Fi Asia 2018 juga akan ditambah menjadi 40% lebih luas yang terdiri dari 9 hall di mana lebih besar daripada Fi Asia 2016 edisi sebelumnya.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)