Management Trends

FIF Group Dukung Pengembangan UMKM Lewat Program Pelatihan

Menyambut Hari Koperasi Nasional (Harkopnas), anak perusahaan PT Astra International Tbk, PT Federal International Finance (FIFGroup) terus memberikan dukungan terhadap pengembangan potensi dan peningkatan kualitas UMKM.

FIFGroup melalui salah satu pilar pemberdayaan masyarakat bersinergi dengan Yayasan Dharma Bhakti Astra (YDBA), melakukan kegiatan penyaluran Dana Bergulir dan Webinar Pelatihan untuk meningkatkan kemampuan UMKM yang berdampak pada pembangunan ekonomi Indonesia, khususnya bagi mereka yang memiliki insiatif untuk berusaha dan menumbuhkan kesadaran, kemauan serta kemampuan meningkatkan kesejahteraannya.

Program kolaborasi ini menjadi inisiatif perusahaan dalam memberikan kontribusi sosialnya untuk mendukung pengembangan UMKM di Indonesia serta untuk mengembangkan UMKM binaannya dengan cara menginisiasi memberikan beberapa program pelatihan dan pembinaan yang menjadi Development Journey Program untuk seluruh UMKM binaan yang ada.

“Guna mendukung sektor UMKM menjadi tulang punggung untuk memulihkan sektor perekonomian, kualitas UMKM harus terus ditingkatkan dan di-maintain agar terus berkembang, khususnya dalam kondisi pandemi seperti ini,” ujar Chief of Corporate Communication and Corporate Social Responsibility (CSR), Yulian Warman.

Dalam program pelatihan bertajuk “Jualan Tanpa Menjual, Berdagang Sambil Berteman”, FIFGroup menghadirkan salah satu praktisi dan pakar dalam bidang UMKM dan koperasi yang pernah menjadi salah seorang insan Astra, yaitu Iyan Iriansah Sidik, dan juga merupakan purnabakti Strategic Planning PT Astragraphia Tbk.

Dalam paparannya, Iriansah menyampaikan bahwa UMKM yang berjumlah kurang lebih 64,2 juta berkontribusi sebesar 56-59% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia, dan menyerap 97% angkatan kerja. Namun, baru sekitar 17,1% yang memanfaatkan daring sebagai salah satu platform untuk berjualan.

“Apapun yang terjadi, UMKM harus tetap positive thinking dan bersyukur. UMKM harus naik kelas supaya mampu bersaing, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi yang ada, seperti contohnya platform media sosial,” tegasnya.

Yulian melanjutkan, dalam menjalankan program CSR, perusahaan memiliki 4 pilar di mana salah satunya merupakan Pilar Pemberdayaan Masyarakat. Pada 2021 ini, Pilar Pemberdayaan Masyarakat akan difokuskan untuk pengembangan UMKM melalui Program Dana Bergulir. Program ini ditujukan untuk memberikan pembiayaan tanpa bunga untuk UMKM di seluruh Indonesia yang dananya berasal dari Dana Sosial Syariah FIFGroup.

“Dengan network kami yang tersebar di seluruh titik di Indonesia, kami menargetkan agar program ini bisa dirasakan oleh seluruh pelaku UMKM yang di seluruh wilayah dari Sabang hingga Merauke khususnya pelaku UMKM mikro agar tetap hidup dan produktif, sehingga mampu berkontribusi terhadap perkembangan ekonomi di sekitar UMKM tersebut serta pada akhirnya berdampak pada ekonomi nasional,” kata Yulian.

Sebagai informasi, sejak 2016 hingga 2020, total penerima dana bergulir FIFGroup mencapai 279 UMKM dengan total nominal manfaat bantuan modal yang disalurkan sebesar Rp 846,5 juta dan tersebar di berbagai titik di Indonesia, termasuk Jakarta dan Cabang FIFGroup. Tahun ini, perusahaan mengkolaborasikan program dana bergulirnya dengan program kolaborasi pengembangan dan pembinaan UMKM bersama Grup Astra, sehingga total dana bergulir yang disalurkan adalah Rp 2,313 miliar kepada 803 UMKM.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved