Final Penjurian The NextDev Digelar di IdeaFest 2018, Gaungkan Pentingnya Kolaborasi

kiri-kanan: Dirut Telkomsel Ririek Adiransyah, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Industri dan Kekayaan Intelektual Kemenperin RI Sony Sulaksono, dan Direktur HCM Telkomsel Irfan Tachrir. Foto: Ino

IdeaFest x The NextDev di JCC Senayan Jakarta menyiratkan pesan kolaborasi yang kuat. Telkomsel pun ingin para startup dan insan industri kreatif memahami pentingnya kolaborasi dalam ajang The NextDev yang penjurian final dan pengumuman pemenangnya digelar di Ideafest 2018 itu.

Pesan tersebut ditegaskan Ririek Adriansyah Dirut Telkomsel pada saat pembukaan IdeaFest 2018 (26/10/2018) di Telkomsel Experience Zone yang hadir di sana. The NextDev sebagai ajang pengembangan startup teknologi yang bisa memberikan social impact tahun ini diharapkan menyebarkan semangat kolaborasi di antara insan-insan industri kreatif Tanah Air untuk kemajuan ekosistem digital di Indonesia.

Di ajang IdeaFest ini, Telkomsel juga akan melakukan penjurian final dan mengumumkan pemenang  kompetisi The NextDev 2018, kompetisi yang telah sukses melahirkan startup – startup pencipta aplikasi digital yang inovatif.

“Telkomsel mengajak  para startup, kreator dan insan kreatif Indonesia untuk bergerak bersama melalui ide dan inovasi untuk memberikan manfaat bagi kehidupan masyarakat, kami akan mewadahi mereka melalui proses pembinaan, scaling capability hingga kesempatan komersialiasi serta partnership dengan Telkomsel,” kata Ririek.

Di area Telkomsel Experience Zone, para milenial yang hadir baik itu startup, insan kreatif muda, dan pembuat konten bisa melihat area mana mereka bisa berkolaborasi dengan operator seluler terbesar itu. Selain tentunya, mereka bisa melihat berbagai kemajuan layanan digital yang telah ada maupun berupa showcasing layanan masa depan yang bisa dihadirkan Telkomsel.

"Saat ini revenue bisnis digital Telkomsel ada yang berupa game, film, advertising, hingga internet of things (IoT) sudah menyusul legacy business (SMS dan voice) yang selama ini mendominasi porsi pendapatan Telkomsel. Memang beberapa masih ada yang embrio, tapi beberapa sudah ada yang menyumbang revenue. Saya lupa angka porsinya. Saya yakin tahun depan prosinya akan lebih besar lagi. Dan semua itu bisa didorong dengan membangun ekosistem. Tidak bisa jalan sendiri harus kolaborasi termasuk dengan para startup," paparnya.

Sony Sulaksono, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Teknologi Industri dan Kekayaan Intelektual Kemenperin RI, juga menyampaikan pesan yang sama tentang kolaborasi, terutama dalam pengembangan startup dan menyiapkan Indonesia menuju Industry 4.0. "Tentu saja bekerja sama dengan kementerian lain, Bekraf, Kominfo, juga pihak swasta seperti Telkomsel. Ciri khas Industry 4.0 adalah network, connectivity dan collaboration," ujarnya.

Terkait The NextDev di IdeaFest 2018, ajang ini didasari visi yang sama menyediakan wadah bagi anak muda untuk mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi. "Kami terus mendorong generasi kreatif untuk terus mencari inspirasi agar dapat terus berkarya agar dapat memberikan dampak sosial positif (social impact) di tengah-tengah masyarakat," kata Ririek.

Dengan tema Living The Balance Work and Passion, Telkomsel Experience Zone di area Ideaxperience, para pengunjung bisa melihat dan merasakan layanan digital lifestyle terdepan di sisi bisnis sekaligus mengakomodasi kebutuhan entertainment dengan konten terkini.  Telkomsel Experience Zone menampilkan layanan-layanan masa depan Telkomsel yang mendukung transformasi digital Indonesia menuju Revolusi Industri 4.0, seperti IoT, Big Data, Digital Advertising Digital Lifestyle (Musik dan Video), Mobile Financial Services, hingga digital library.

Selain diwarnai oleh berbagai layanan masa depan, Telkomsel Experience Center juga  menghadirkan banyak inspirasi mengenai ekosistem digital yang berkelanjutan dari berbagai speaker, salah satunya dari Kementerian  Perindustrian yang menyampaikan key note speech dengan tema ‘Ever Changing Dynamic of Industrial Revolution 4.0: Our Digital Creative Bunsiness Landscape’. 

Sedangkan inspirasi mengenai landscape ekosistem IoT di Indonesia akan disampaikan oleh Vice President Corporate Planning Telkomsel, Andri Kristianto. Selain itu, di sini diadakan juga mini-workshop tentang konten digital yang dibawakan oleh Ardhi Suryadhi (Wakil Pemimpin Redaksi detik.com) dan Danang “CakDan” Arradian (Vlogger Tech, Travel & Automotive).

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)