Fintech Diprediksi Akan Berkembang Cepat Tahun Ini

Dailysocial.id mencatat perkembangan startup di Indonesia mengalami kenaikan di setiap tahunnya.

Saat ini terhitung terdapat lebih dari 230 startup hadir di Indonesia dan 4 di antaranya merupakan startup unicorn, dengan nilai investasi sebesar US$ 1,6- 2,8 juta. Perkembangan ini tidak lepas dari meningkatnya kebutuhan gaya hidup digital masyarakat Indonesia. Kenaikan juga terjadi di sektor pengguna internet, tercatat pada tahun 2017 kemarin sebanyak 132,7 juta masyarakat telah menggunakan internet atau naik 50% lebih dari tahun sebelumnya.

“Di ranah e-commerce, Tokopedia dan Bukalapak merupakan dua startup unicorn baru, bersama Gojek dan Traveloka. Lainnya merujuk data App Anie Tokopedia sebagai platform paling diminati disusul Shopee dan Bukalapak,” ujar Rama Mamuaya, CEO DailySocial.id (08/02/2018).

Di sektor investasi, fintech dan e-commerce masih menjadi yang paling banyak diminati untuk di danai, disusul oleh media. "Pendanaan untuk fintech naik 2 kali lipat dibanding start up e-commerce. Media juga menjadi sektor yang paling banyak dilirik investor, tercatat sebanyak 8 media didanai pada tahun 2017," ujarnya.

Sementara itu investor lokal masih menjadi penyuntik dana terbanyak bagi perkembangan start up, yakni sebanyak 54,55%. diikuti oleh USA sebanyak 14,29%, Singapore 10,39%, China 7,14%, dan Jepang sebesar 3,90%.

Di tahun 2018, pihaknya memprediksi fintech, media, dan kesehatan akan menjadi sektor yang paling berpotensi untuk berkembang cepat. “Bisnis e-commerce akan tetap tumbuh di tahun ini, walaupun jumlahnya semakin sedikit dibanding tahun sebelumnya. E-commerece yang ada semakin besar dan akan ada banyak e-comerce yang bermain di pasar niche,” dia menambahkan.

Startup fintech yang diwarnai dengan kegiatan akuisisi dan merger di tahun 2017, akan terus berkembang di tahun 2018 seiring dengan peraturan fintech yang semakin jelas dan teknologi pendukung yang semakin canggih. Permintaan konsumen yang dinilai akan meningkat juga akan memengaruhi perkembangan fintech di Indonesia. Lainnya, pemilu 2019 akan memberikan dampak positif terhadap perkembangan startup media di tahun 2018, penduduk Indonesia mulai mencari media mana yang dapat memberikan informasi dan wawasan  yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Di tahun 2018 ini, startup kesehatan yang ada akan terus mengembangkan layanan kesehatan yang paling efisien yang dapat diakses menggunakan internet dan teknologi mobile. “Kami juga melihat teknologi Internet of Things, teknologi Blockchain dan Artificial Intelligence akan berkembang di tahun 2018 ini,” kata Rama.

Editor: Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!