Fitur dan Konten Line Khusus Ramadhan

Tim Manajemen Line Indonesia

Line Indonesia meluncurkan rangkaian fitur serta konten untuk Ramadhan. Tujuannya, membantu dan menginspirasi para pengguna sepanjang bulan suci. Fitur-fitur tersebut di antaranya akun resmi Line Ramadhan, web series Ramadhan, dan stiker eksklusif Ramadhan.

Dale Kim, Direktur Pengelola Line Indonesia, menuturkan, “Di bulan suci ini, kami ingin menjadi sahabat bagi para pengguna kami dengan cara yang special dan bermakna, menjadi #TemanBerfaedah untuk mereka. Salah satu caranya adalah dengan menghadirkan fitur chatbot Ramadhan, di mana kai dapat berkomunikasi dengan pengguna kami dengan cara yang menyenangkan serta menyampaikan konten itneraktif dan edukatif tentang bulan Ramadhan.”

Adapun hashtag #Teman Berfaedah digunakan karena mayoritas pengguna Line adalah anak muda. Line menganalisis bahwa para pelanggan paling banyak berinteraksi dengan teman. Teman menjadi hal yang penting untuk membentuk karakter mereka, karena itu Line ingin memposisikan diri menjadi teman dari para penggunanya.

Chatbot Ramadhan yang diluncurkan Line bernama Marbot, singkatan dari Amalan Ramadhan Chatbot yang dapat ditemukan pada akun resmi Line Ramadhan. Marbot dapat ebrinteraksi dengan pengguna Line melalui beberapa konten, di antaranya pengingat solat, kultum harian, pesan inspiratif tentang Ramadhan, serta promo harian untuk kegiatan berbuka puasa. Selain itu, ada juga konten Ramadhan Hemat dari Line Shopping dan permainan bertajuk Ngabubu-Rich dari Line Games.

Fauzan Helmi Sudaryanto, Product Manager Line Indonesia, menuturkan, marbot adalah suatu sosok untuk mendekatkan Line dengan pengguna. Marbot akan membantu pengguna untuk beribadah.

Line juga menciptakan web series tentang persahabatan di bulan suci yang bertajuk Ramadhan Terakhir. Web series tersebut terdiri dari empat episode yang akan diunggah satu minggu sekali. Melalui web series ini, Line juga menunjukkan cara menggunakan Marbot sebagai teman Ramadhan yang menyenangkan. Episode pertama Ramadhan Terakhir telah diluncurkan 18 Mei lalu.

“Kami ingin membuat suatu konten yang relatable dengan anak muda. Melalui web series ini, Line ingin menyampaikan pesan, namun tetap menghibur dan tidak terkesan menggurui. Karakter dalam Ramadhan Terakhir juga kami sesuaikan dengan karakter pengguna kami, “ ungkap Andika Renaldo, Marketing Manager Line Indonesia.

Selain itu, Line menyediakan rangkaian stiker Ramadhan, di antaranya stiker dari desainer ternama, stiker music, stiker karakter, serta edisi seleberiti Keluarga Belo. Line juga mengadakan kompetisi berjudul Kejutan Poin Ramadhan yang akan memberikan pengguna hadiah tertentu.

Revie Sylviana, Strategic Partnership Director Line Indonesia, menyatakan, Line banyak dipakai oleh anak muda karena pihaknya memiliki stiker. Stiker membuat percakapan lebih seru dan ekspresif. Melalui peluncuran stiker ini akan terus mendukung industri kreatf dan kreator lokal.

Menurut Dale, yang aling penting baginya adalah pengalaman pengguna. Untuk itu, diharapkan  rangkaian fitur dan konten Ramadhan dapat memberikan pengalaman Ramadhan yang penuh arti dan tak terlupakan bagi semua.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)