Fitur Hitung Jejak Karbon Gojek Perluas Inovasi

September tahun 2020, Gojek berkolaborasi dengan startup lingkungan Jejak.In meluncurkan fitur tracking jejak karbon yang dihasilkan dari pemakaian layanan kendaraan Gojek dan mengonversikannya menjadi penanaman sejumlah pohon. Fitur bernama GoGreener Carbon Offset ini mencatat sukses dengan penanaman 1.500 pohon bakau di Jakarta, Demak, dan Bontang.

Di awal tahun ini, GoGreener Carbon Offset mengumumkan pengembangan. Group Head of Sustainability Gojek Tanah Sullivan menjelaskan pengembangan fitur merupakan hasil pertimbangan dari tercapainya target penanaman pohon dalam kurang dari tiga bulan sejak diluncurkan.

“Selanjutnya, kami akan menambah pilihan jejak karbon lainnya seperti dari penggunaan televisi, AC, kulkas dan laptop,” jelasnya dalam konferensi pers virtual, Kamis (4/2/2021).

GoGreener Carbon Offset juga akan menambah wilayah penanaman di dua kota yaitu Semarang dan Surabaya. Keduanya merupakan daerah konservasi bakau dan menjadi sumber mata pencaharian masyarakat sekitar.

Tanah pun kembali mempertegas pentingnya transparansi dalam fitur ini melalui monitoring dashboard. “Seluruh tahapan GoGreener Carbon Offset, dari perhitungan jejak karbon di awal, konversinya ke satuan pohon yang perlu ditanam, sampai di mana serta kapan pohon akan ditanam dilakukan dengan sangat transparan. Transparansi juga menjadi prinsip kami dalam melengkapi fitur ini dengan monitoring dashboard yang menyajikan data pertumbuhan pohon, seperti diameter dan tinggi batang, sampai foto pohon untuk melihat warna dan tingkat kesehatan daun,” jelasnya.

Fitur ini turut didukung oleh Dr Beria Leimona, peneliti senior dari The World Agroforestry Center (ICRAF). Ia mengatakan, GoGreener Carbon Offset memiliki elemen produk lingkungan yang lengkap yakni adanya penghitungan berbasis sains yang mengacu pada IPCC dan rekomendasi KLHK, komunikasi sains yang mudah dipahami, dan transparansi penuh - yang merupakan kunci untuk menarik adaptor baru.

Pendiri dan CEO Jejak.in, Arfan Arlanda menuturkan bahwa aksi iklim untuk menjaga bumi, termasuk upaya-upaya untuk menekan peningkatan suhu bumi, membutuhkan usaha kolektif dari semua pihak.

“Kami yakin Gojek sebagai platform yang digunakan setiap hari dan memiliki jangkauan luas dapat membantu mempercepat perubahan perilaku dalam skala besar,” ujarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)