Fitur Sekolah Bantu Proses Belajar Mengajar

Fernando Uffie, Founder Kelas Pintar (kanan bawah)

Menyambut tahun ajaran baru 2020, Kelas Pintar meluncurkan fitur baru yang memungkinkan aktivitas belajar mengajar dilakukan secara online tapi dengan pengalaman belajar layaknya di sekolah. Fitur bernama Sekolah ini bisa dinikmati oleh seluruh pelanggan Kelas Pintar mulai tanggal 18 Mei 2020.

"Fitur ini kami hadirkan khusus untuk membantu sekolah, guru dan siswa dalam melakukan proses belajar mengajar, kapan dan dikondisi apapun. Melalui fitur Sekolah, guru bisa mengajar dengan pengalaman yang sama seperti di ruang kelas, siswa bisa berinteraksi dengan guru sekolahnya, dan sekolah tetap menjadi tempat untuk guru dan siswa melakukan proses belajar mengajar," ujar Fernando Uffie, Pendiri Kelas Pintar.

Menurut Uffie, fitur Sekolah merupakan solusi untuk guru dan murid agar tetap dapat melakukan proses belajar mengajar secara online, tanpa mengurangi interaksi yang selama ini sudah terbangun antara guru, siswa, orang tua dan pihak sekolah. Menariknya melalui fitur ini, pendidikan karakter yang selama ini dilakukan oleh para pengajar di institusi sekolah bisa tetap dilakukan meski tidak dalam satu ruang.

"Fitur Sekolah adalah solusi bagi dunia pendidikan di masa COVID-19. Tapi lebih dari itu, fitur ini hadir untuk menguatkan peran sekolah, guru dan orang tua dalam proses pembelajaran siswa, di kondisi apapun. Dan ini adalah cara kami mengintegrasikan ekosistem pendidikan ke dalam platform digital tanpa menegasikan peran stakeholder, karena tujuannya adalah untuk menguatkan," jelas Uffie.

Ada enam menu turunan di fitur Sekolah yang bisa dimaksimalkan oleh guru, siswa, sekolah dan juga orang tua dalam proses belajar mengajar. Ke-enam menu tersebut adalah Kelas, PR, Project, Tugas, Ujian dan Monitoring. Berikut adalah fungsi dan kegunaan dari masing-masing menu tersebut, melalui menu “Kelas”, proses belajar mengajar bisa dilakukan layaknya berada di dalam ruang kelas di sekolah. Proses pembelajaran bisa dilakukan dengan tatap muka virtual. Interaksi antara guru dengan para siswa ataupun sebaliknya bisa dilakukan secara realtime. Kelas Pintar juga menyediakan opsi bagi guru untuk merekam materi pembelajaran yang selanjutnya bisa digunakan sebagai referensi bagi para murid untuk pendalaman materi.

Bagi para siswa, jika belum mengerti tentang materi pelajaran yang diberikan guru dapat langsung bertanya atau sebaliknya, guru bertanya pada muridnya. Guru pun dapat menjelaskan materi pelajaran dengan bantuan virtual whiteboard atau berbagi layar (share screen) pada siswanya. Dengan begitu, guru dapat mengajar lebih optimal dan siswa pun diharapkan dapat mencerna lebih baik materi yang diajarkan.

Menu PR (Pekerjaan Rumah) ini akan sangat membantu bagi para guru untuk memberikan tugas pada siswa dan menerima tugas yang sudah dikerjakan oleh siswa. Guru maupun siswa dapat langsung mengirim, mengunduh dan mengunggah file dalam bentuk pdf, png, jpeg maupun doc tanpa perlu mengirimkan dalam bentuk email atau bahkan menggunakan platform lainnya.

Pages: 1 2 3

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)