Fitur Shopping, Bagian Komitmen 3P Instagram Untuk Pelaku Bisnis

Sejak awal berdiri, Instagram telah menjadi salah satu medium pilihan untuk mengembangkan bisnis. Kegiatan jual-beli telah menjadi salah satu aktivitas penting bagi pengguna di Instagram. Data internal Instagram (2019) menunjukkan bahwa 90% pengguna mengikuti setidaknya satu akun bisnis di Instagram. Pengguna menggunakan Instagram untuk mencari inspirasi dan mengeksplor minat mereka terhadap sebuah produk dari akun bisnis, dan bahkan dari akun figur publik atau kreator favorit mereka.

Di Indonesia, bisnis pertama yang membuat akun Instagram tercatat pada tahun 2010. Secara global, Indonesia terus menempati posisi lima besar negara dengan jumlah profil bisnis terbanyak di Instagram.

Memperhatikan hal tersebut, Instagram mengumumkan peluncuran fitur Shopping untuk semua akun bisnis dan kreator di Indonesia yang akan dilakukan secara bertahap, untuk memaksimalkan strategi pemasaran mereka di Instagram. Fitur Shopping ini juga tersedia di IGTV.

Pieter Lydian, Country Director Facebook di Indonesia, mengatakan, peluncuran fitur ini merupakan bagian dari komitmen 3P dari Instagram yaitu Produk, Pelatihan, dan Platform, untuk para pelaku bisnis. Instagram juga ingin menjadi wadah penggerak bagi pebisnis dalam memasarkan produk dan mendorong penjualan, terutama di tengah masa pandemi ini.

“Fitur Shopping yang diluncurkan secara bertahap mulai hari ini adalah kelanjutan dari komitmen kami dalam membantu UMKM dan kreator di Indonesia untuk terus 'naik kelas' dan meraih sukses, baik di dalam maupun di luar negeri,” ujar Pieter.

Adapun langkah untuk menggunakan fitur Shopping pertama-tama pelaku bisnis harus membuat toko melalui Commerce Manager. Setelah berhasil, selanjutnya pelaku bisnis dapat mengajukan permohonan untuk mengaktifkan fitur Instagram Shopping mengikuti langkah-langkah yang sudah ditentukan.

Sejak bulan Juli lalu, Instagram juga telah melakukan uji coba untuk tab toko (shop) di halaman navigasi utama Instagram. Fungsinya untuk mempermudah pengguna dalam menemukan brand dan bisnis favorit mereka. Instagram akan segera meluncurkan tab Toko ini untuk semua pengguna di seluruh dunia dalam waktu dekat.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Tags:
instagrram

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)