Marketing Trends

FLEI 2022 Kawal Waralaba Membangun Pemulihan Ekonomi Indonesia

FLEI 2022 Kawal Waralaba Membangun Pemulihan Ekonomi Indonesia

Setelah dua tahun tertunda karena pandemi Covid-19, pameran bisnis terbesar di Franchise & License Expo Indonesia (FLEI) 2022 akhirnya digelar. Anggota komunitas bisnis waralaba, lisensi, kemitraan dan peluang usaha begitu bergairah menyambut event ini meski dilakukan dengan protokol kesehatan ketat.

Selama pandemi, pebisnis mendapat banyak permintaan dari konsumen karena dorongan ‘pent-up demand’. Banyak konsumen yang menunda melakukan pembelian saat pandemi, sehingga saat pandemi mulai landai, permintaan tersebut melonjak tajam. Fenomena ini membuat para investor tak tinggal diam sehingga membuat bisnis waralaba, lisensi, kemitraan dan peluang usaha meningkat.

Berangkat dari kondisi itulah menjadi dasar diselenggarakannya pameran bisnis tahunan FLEI tahun ini. Acara ini digelar berdasarkan kerja sama Panorama Media bersama dengan Kamar Dagang & Industri Indonesia (KADIN) dan Perhimpunan Waralaba & Lisensi Indonesia (WALI). Tak hanya itu, tiga kementerian sekaligus juga turun mendukung FLEI 2022, yakni Kementerian Perdagangan, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Pameran FLEI 2022 berlangsung di Assembly Hall, Jakarta Convention Center pada 3 – 5 Juni 2022. Mengusung tema ‘Getting Back To Growth’ menawarkan one stop solution for business opportunity seekers, pameran ini dibuka untuk umum mulai pukul 10.00 – 21.00 WIB dengan tiket masuk Rp55.000 per orang.

Ekshibisi ini memamerkan lebih dari 200 merek usaha waralaba, lisensi, pendukung usaha retail dan berbagai peluang usaha lainnya. Calon pewaralaba bebas mengunjungi stand yang diminati untuk mencari tahu tentang rencana bisnis yang akan dijalani.

Pembukaan FLEI 2022 akan berlangsung pada tanggal 3 Juni 2022. Acara diawali dengan paparan pengembangan industri waralaba di Indonesia. Acara dilanjutkan dengan sesi keynote yang diisi oleh Kementerian Perdagangan RI , membahas soal tren milenial jago bisnis.

Ketua Perhimpunan Waralaba dan Lisensi Indonesia Tri Raharjo menyampaikan, FLEI 2022 punya tekad besar untuk memajukan waralaba lokal agar dikenal dunia. “Sebagai organisasi yang bersentuhan langsung dengan para pengusaha waralaba di seluruh Indonesia dan regional, kami ingin memajukan dan mempromosikan waralaba lokal ke Nusantara dan dunia. FLEI yang sudah menjadi bagian dari serangkaian agenda franchise expo di ranah regional, membuka peluang besar untuk menunjukkan seluruh merek waralaba lokal terbaik Indonesia. Harapan kami, para peserta dari luar negeri tertarik untuk membuka waralaba kita di negara asal mereka,” ungkapnya.

Guna menjaring lebih banyak pengusaha waralaba, Kementerian Perdagangan RI juga memfasilitasi sejumlah pelaku usaha binaan untuk ikut serta dalam FLEI 2022. Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) mendapat kesempatan besar untuk berpartisipasi dalam FLEI 2022.

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved