Flynd Dukung Digitalisasi Pos Nasional Bersama Kemkominfo dan Asperindo

Flynd adalah solusi teknologi operasional end-to-end berbasis Transportation Management System (Foto: ist)

PT Flynd Teknologi Indonesia bergabung dalam Program Digitalisasi UMKM Pos dan Logistik. Adapun Program Digitalisasi UMKM Pos dan Logistik ini adalah program jangka panjang yang diinisiasi oleh Biro Perencanaan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) bersama Impactto dalam rangka membantu pengembangan bisnis para pemilik UKM logistik secara digital.

Bersama tiga perusahaan logistik lainnya, Flynd terpilih menjadi penyedia platform digital yang ikut berbagi, belajar, dan berdiskusi lewat media-media pembelajaran yang disediakan oleh Biro Perencanaan Kemkonimfo bagi para UKM logistik bagian Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Tujuan utama dari Roadshow Digitalisasi UMKM Pos dan Logistik ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para pemilik UKM Logistik terhadap solusi digital di bidang logistik yang tersedia di Indonesia.

Melihat isu-isu pada pengiriman logistik darat (trucking) di Indonesia pada umumnya, seperti kurangnya transparansi data, ketergantungan dengan seorang admin pendataan, banyaknya pekerjaan manual, Flynd memberikan solusi berupa platform operasional digital yang memberikan tinjauan secara menyeluruh proses operasional logistik yang ada.

“Bahkan dapat memonitor pergerakan pengiriman secara real-time dan aktual serta mengelola pesanan secara terpusat. Sehingga,  keberadaan platform kami dapat mendorong setiap usaha di bidang logistik untuk lebih siap dengan perubahan digitalisasi yang semakin berkembang,” ucap CEO dan Co-founder Flynd Okky Angga.

Flynd adalah solusi teknologi operasional end-to-end berbasis Transportation Management System (TMS)  yang membantu kegiatan logistik, mulai dari pengelolaan pesanan barang sampai kendaraan pengiriman barang. Di sisi lain, melalui kegiatan ini, Flynd sudah resmi menjadi mitra Kominfo dalam rangka mendukung digitalisasi Pos Logistik Indonesia.

“Kami ingin ini menjadi langkah awal komitmen usaha kami untuk mewujudkan visi dan misi dari Flynd ke depan yaitu membawa teknologi TMS yang revolusioner ke industri logistik bangsa,” tutur Okky.

Sebelumnya, perusahaan ini juga sudah bermitra dengan Kamadjaja Logistics, yang dituangkan dalam nota kesepahaman pada tanggal 1 Oktober 2021. Kerja sama ini dalam rangka mengelola setiap pengemudi di platform yang ada, pembaruan data, sampai melacak kinerja pesanan di setiap pengemudi logistik demi hasil dan proses yang cepat dan sistematis.

“Kami memilih Flynd karena kami menyadari perkembangan teknologi begitu cepat, dan berdampak ke logistik. Kerja sama ini untuk meningkatkan setiap konsumen  dapat tracking pengiriman barang mereka. Konsumen saat ini ingin bisa melihat progress pengiriman barang mereka dan mengukur SLA pengiriman. Dengan adanya teknologi Flynd, hal ini dapat membuat kegiatan operasional transportasi kami menjadi semakin sistematis dan terintegrasi,” kata CEO PT Kamadjaja Logistics Ivan Kamadjaja.

Sebagai startup lokal yang bergerak sebagai solusi sistem manajemen transportasi (TMS) sejak tahun 2018, Flyndi telah memperoleh pendanaan awal dari SEA Investment Capital (SEACap). Saat ini, Flyndi terus memberikan layanan digital pada berbagai armada sepeda motor, mobil van, pikap, dan truk. Dalam hal ini, para pengguna bisa melacak dan memantau status pekerjaan secara real- time, dari hulu ke hilir, baik menggunakan komputer maupun perangkat seluler.

Selain memberikan solusi dalam model Software as a Service (SaaS), Flynd pun memberikan solusi total, yang tidak hanya terbatas pada konsultasi dan pemetaan proses bisnis, dalam rangka meningkatkan alur kerja operasional dan meningkatkan efisiensi.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)