Food Estate Potensi Melahirkan New Entrepreneur

Kamrussamad

Rencana Pemerintah Indonesia dalam menjaga ketahanan pangan nasional menjadi prioritas utama dinilai banyak kalanhan sudah tepat.

Food Estate di Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah diharapkan menjadi faktor penggerak atau motivasi bagi generasi muda menjadi entrpreneur sektor agrobisnis

Penempatan dana negara senilai Rp30 triliun ke HIMBARA sesuai PMK No.70/2020 harus diberikan kemudahan pengucuran modal kerja baru bagi UMKM dan entrepreneur, sehingga mendorong pergerakan sektor riil dan daya beli masyarakat.

"Sebaiknya lokasi Food Estate dibuat setiap zona kepulauan seperti Zona Sumatera ditempatkan di Bengkulu, Xona Sulawesi ditempatkan Sulawesi Barat, Zona Jawa-Bali ditempatkan di Nusa Tenggara Barat, Zona Papua-Maluku ditempatkan di Ternate. Bukan hanya di Kalimantan Tengah," jelas Kamrussamad, Anggota DPR RI Komisi IX.

Dengan demikian, lanjut Kamrussamad, akan menjadi faktor pendorong meningkatnya produksi pangan nasional serta menciptakan lapangan kerja baru yang merata di wilayah-wilayah Nusantara yang tersebar.

Kendati mengacu data Badan Pusat Statistik Kementerian Pertanian bahwa stok pangan nasional diprediksi akan mengalami surplus hingga bulan Juni 2020. Namun, hal ini bukan berarti Indonesia serta merta terbebas dari ancaman krisis pangan yang bisa terjadi di masa mendatang. Ditambah lagi, masa pandemi COVID-19 yang belum pasti akan berakhir kapan memiliki dampak yang sangat terasa di bidang pertanian.

Ketahanan pangan sendiri memiliki dua kata kunci penting yaitu ketersediaan pangan yang cukup dan merata serta akses penduduk terhadap pangan, baik secara fisik maupun ekonomi. Di masa pandemi Covid-19 ini pemerintah telah memberlakukan kebijakan PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di beberapa daerah, masyarakat juga diminta untuk mengurangi kontak fisik dan melakukan pekerjaan dari rumah. Akibatnya berpengaruh pada produksi, distribusi dan konsumsi pangan.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)