Foopak Bio Natura APP Produksi Kertas untuk Kemasan Makanan dan Minuman Bebas Plastik

Foopak Bio Natura certified by Flustix - Plastic Free certification

Foopak Bio Natura, merek kertas untuk kemasan makanan dan minuman sekaligus salah satu merek unggulan Asia Pulp & Paper yang berbasis di Indonesia, menerima sertifikasi bebas plastik dari Flustix, badan sertifikasi bebas plastik internasional yang berbasis di Jerman. Sertifikat tersebut diberikan setelah melalui serangkaian pengujian analitik bertingkat yang ketat.

Produk kertas Foopak Bio Natura menggunakan sumber kayu alami bersertifikat tanpa penambahan polimer plastik. Dengan penggunaan bahan tersebut, Foopak berkontribusi penuh dalam memerangi polusi plastik yang banyak ditemui di industri makanan dan minuman.

Dengan 300 juta metrik ton sampah plastik yang dihasilkan setiap tahun di seluruh dunia, Foopak Bio Natura mengukuhkan inisiatifnya untuk mengganti plastik dan kemasan makanan sekali pakai dengan produk yang dapat didaur ulang sepenuhnya. Bahan baku kemasan ramah lingkungan milik Foopak juga dapat diolah kembali menjadi kompos, baik melalui fasilitas pengomposan industri maupun rumah konsumen.

"Banyak konsumen yang tidak menyadari bahwa kebiasaan menggunakan plastik kemasan makanan ataupun wadah berbasis kertas dapat berdampak buruk terhadap lingkungan. Ditambah lagi, masih banyak pusat daur ulang yang tidak dilengkapi dengan teknologi untuk memisahkan plastik dari sampah kertas," ujar Christopher Wong, Senior Vice President & Global Business Unit Head Industrial Paper.

Menurut data PBB, secara global diperkirakan hanya 9% sampah plastik yang didaur ulang, sementara 79% berakhir di tempat pembuangan sampah. Akibatnya, polusi tanah semakin memburuk. Melihat statistik yang mengkhawatirkan ini, produsen dan badan pemerintah telah menerapkan kebijakan dan peraturan untuk menghindari permasalahan sampah plastik yang semakin parah.

Berbagai upaya tengah dilakukan untuk memecahkan masalah ini, dengan mengikuti arahan dari Komisi Eropa terkait plastik sekali pakai, Undang-Undang terkait Pengurangan dan Daur Ulang Sampah Plastik, serta memorandum baru yang diperkenalkan di Amerika Serikat, Foopak Bio Natura berharap dapat menjadi mitra untuk mempercepat misi tersebut.

"Sertifikasi ini membantu kami semakin cepat dalam mengurangi jejak karbon dan lingkungan dari industri F&B. Foopak Bio Natura berkomitmen untuk dapat menciptakan rantai pasokan hijau yang berkelanjutan tanpa efek berbahaya bagi konsumen dan lingkungan. Bersama dengan mitra kami, kami berupaya untuk mencapai tujuan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan," tambah Christopher.

Foopak Bio Natura berperan aktif dalam membantu visi Kemenko Kemaritiman dan Investasi Republik Indonesia untuk mengurangi 70% sampah plastik pada tahun 2025, serta mencapai net-zero pada tahun 2040 melalui Sustainable Roadmap 2030. Dengan demikian, Foopak bertekad untuk menjadi produsen dan pemain industri yang bertanggung jawab.

www.swa.coi.d

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)