Freshcare Berhasil Geser Minyak Angin Model Lama

Managing Director PT Ultra Sakti Harun Pramono (kanan).

Inovasi dengan menciptakan varian-varian terbaru diwujudkan oleh PT Ultra Sakti lewat produknya. Paling terkenal adalah Freshcare menjadi terobosan baru minyak angin aroma (aromatheraphy) bergaya modern. Pernah melansir Freshcare Teen yang menjadi tren 2 tahun belakangan di kalangan anak muda. Namun hanya bertahan sejenak, kini PT Ultra Sakti lebih jauh berinovasi tidak lagi menyasar umur, tapi lebih ke fungsinya.

Terciptalah Freshcare Mix, satu produk dengan dua fungsi yang berbeda. Bagian bawah didesain sebagai roll on dan di bagian atas sebagai in healer. Desain ini diciptakan sebagai jawaban dari cara penggunaan Freshcare oleh konsumen, dioles dan dihirup. Menurut Managing Director PT Ultra Sakti, Harun Pramono, dalam menghadapi era disruptif ini monitoring dilakukan untuk mengetahui perkembangan digital marketing. “Produk kami sifatnya marketing consumer foods, tidak terlalu masuk ke lini digital. Alokasi budget untuk digital memang tidak besar, karena target kita tidak spesifik anak muda,” ungkapnya.

Menyasar target usia 40-an sehingga akses terhadap digital tidak terlalu besar. Alokasi budget dibawah 10% untuk lini digital termasuk social media, Google Ad. dan Facebook Ad. Social media seperti Twitter, Facebook, Instagram digunakan sebagai platform kuis. “Kami lebih mengalokasikan Above the Line (ATL) khususnya TV yang masih menjadi juara. Untuk radio dan cetak presentasenya berkurang. Kita memasang iklan di TV jauh lebih besar dan kerasa efeknya dibanding media cetak dan radio,” ujarnya.

Freshcare menyasar orang modern, enerjik, dan memiliki banyak aktivitas. Jika dulu aromatheraphy untuk kalangan orang tua, sekarang kami switching ke kalangan anak muda. Secara konsisten Ultra Sakti merawat brand-nya dengan komunikasi yang rutin melalui support iklan. “Kami pelan-pelan mulai menggeser pemain lain. Data audit dari pihak ketiga mencatatkan pertama kami diluncurkan, Freshcare masih berada di bawah minyak angin reguler model lama, namun lama kelamaan share mereka turun dan Freshcare beranjak naik,” ungkapnya.

Di tahun 2015 Freshcare unggul di pasar domestik. Aktivitas Ultra Sakti yang konsisten dalam me-manage brand melalui varian dan promosi menjadi alasan mengapa secara bertahap produk Freshcare dapat menggeser dan menggantikan posisi produk-produk lama. “Orientasi bisnis Freshcare masih dalam ranah domestik dengan growth double digit, di atas 10%. Saat ini Freshcare telah menjadi market leader.

Untuk ekspor, distribusi ke pasar internasionalnya kurang dari 5% dan tersebar di Malaysia, Singapura, Brunei, China, dan wilayah-wilayah Asia Tenggara. Penjualan Freshcare di beberapa negara itu dilakukan melalui perusahaan distributor,” tambah Harun.

 

Reportase: Anastasia Anggoro Sukmonowati

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)