Games Player Ditargetkan Sumbang 50% Pendapatan Digital Telkomsel

Foto: Ino

Telkomsel makin serius mengembangkan layanan digitalnya sebagai penyokong pendapatan.Salah satu yang menjadi perhatiannya adalah segmen games players yang menyumbang pendapatan tertinggi layanan digital Telkomsel saat ini. Operator seluler anak usaha Grup Telkom ini membidik sumbangan pendapatan segmen games player bisa mencapai 50% tahun depan.

Direktur Marketing Telkomsel, Alistair Johnston, mengatakan, basis pelanggan Telkomsel yang menyumbang pendapatan tertinggi dari layanan digital lainnya berasal dari segmen Games Player yang mencapai 34%.  Menurutnya saat ini market share Telkomsel di industri games Indonesia mencapai lebih dari 22%. Adapun potensi pendapatan industri games di Indonesia sampai dengan tahun 2022 diproyeksikan mencapai hingga senilai US$ 3,75 miliar.

“Tren layanan ini didorong salah satunya oleh pertumbuhan industri mobile gaming yang merambah Indonesia. Masyarakat dapat bermain games kapan saja dan dimana saja tanpa perlu datang ke Internet Café atau memiliki console permainan yang harganya masih relatif tinggi. Hingga kini tercatat 60 juta pelanggan Telkomsel memainkan mobile games di handphone-nya setiap bulan,” jelasnya saat peluncuran produk game pertama Telkomsel yaitu ShellFire melalui Aplikasi Dunia Games di TSO Jakarta (01/10/2018).

Menurut Head of Digital Lifestye Telkomsel Crispin P. Tristram menghadirkan game baru seperti ShellFire ini dan menggandeng lebih banyak game developer lokal merupakan cara Telkomsel untuk meningkatkan pengguna, bukan saja dari segi jumlah namun juga lamanya pelanggan bermain game. Untuk memaksimalkan potensi pertumbuhan tersebut, Dunia Games akan fokus dengan menambah portofolio bisnis terhadap tiga hal yaitu: pertama, peningkatan layanan Direct Carrier Billing Payment dengan menambah jaringan merchant game voucher/direct topup; kedua, meningkatkan kredibilitas sebagai Game Publisher dengan merilis berbagai macam game title dan genre; ketiga, menumbuhkan ekosistem eSport melalui kompetisi, komunitas gamer dan dukungan tim profesional.

ShellFire yang diluncurkan hari ini merupakan aplikasi game platform smartphone ber-genre action dengan sub genre FPS (First Person Shooter) dan MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) yang memiliki berbagai macam mode permainan, karakter hero, map dan in-app items. Game ini dapat diunduh di Google Play Store dan menyusul tersedia di iOS Store. Kini, sudah diunduh 150 ribu pengguna dengan 35 ribu pengguna aktif. Dengan didorong kampanye above the line dan below the line yang kuat, serta menggandeng komunitas game serta diramu dengan digital campaign yang apik, diyakini 3 juta pengunduh dapat dicapai hingga akhir tahun ini dengan pengguna aktif 50 ribu.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)