Garuda Indonesia dan Citilink Siapkan Fasilitas Wifi Gratis di Pesawat

Soft launching layanan free wifi Garuda Indonesia Group bersama jajaran manajemen Garuda Indonesia, Citilink, Mahata, Inmarsat dan Lufthansa di Jakarta, (14/11). (foto: Jeihan Kahfi/SWA)

Garuda Indonesia dan Citilink siap menghadirkan layanan baru berupa inflight wifi gratis melalui kerja sama dengan PT Mahata Aero Tekhnologi (Mahata). Fasilitas inflight connectivity bagi penumpang ini rencananya dapat dinikmati mulai 2019 mendatang di semua penerbangan Citilink dan penerbangan domestik Garuda Indonesia.

Dalam menyediakan fasilitas ini, Mahata sebagai wireless solution provider akan mengintegrasikan antara layanan satelit GX Aviation System yang merupakan produk dari Inmarsat Aviation dengan dengan Lufthansa Technik sebagai penyedia perangkat keras, dan Lufthansa System sebagai penyedia perangkat lunak. GX Aviation adalah layanan konektivitas nirkabel global berkecepatan tinggi dikirimkan melalui jaringan High-Throughput Satellites (HTS).

Menurut Juliandra Nurjahjo, Direktur Utama Citilink Indonesia layanan inflight wifi ini sejalan dengan komitmen Garuda Indonesia Group untuk terus berinovasi dalam memberikan inflight experience bagi para konsumennya di era digital ini.

Persaingan ketat dalam industri penerbangan, lanjut Juliandra, kian menuntut para operator penerbangan untuk memiliki visi teknologi dan mengoptimalkan layanan yang modern sehingga mampu mempertahankan loyalitas pelanggan. “Tidak hanya untuk memperkuat pasar yang sudah ada, tetapi keberadaan inflight wifi gratis ini juga ditujukan untuk mengaktivasi pangsa pasar baru yang belum tersentuh, seperti para milenial yang sering bepergian,” ujarnya saat soft launching layanan free wifi Garuda Indonesia Group di Jakarta, (14/11/2018).

Pada kesempatan yang sama, M. Fitriansyah, Direktur Utama Mahata, menjelaskan, investasi pemasangan wifi di Garuda Indonesia Group ini sepenuhnya dilakukan oleh Mahata. Pihak Garuda Indonesia Group tidak dibebankan atas investasi. Sebelumnya, di tahun ini Mahata telah mengumumkan untuk menganggarkan US$40 juta dalam pengadaan teknologi Wifi di 50 pesawat Citilink. “Akan ada business model yang dikembangkan dalam layanan ini,” ungkap Fitriansyah.

Terkait keamanan, fasilitas Wifi dapat digunakan penumpang pada saat ketinggian pesawat mencapai 30 ribu kaki. Pada saat take off, landing dan taxi tidak dapat digunakan, meski perangkat wifi sudah menyala. “Dengan adanya perangkat khusus wifi dalam pesawat, sinyal tidak akan menggangu navigasi. Sebelumnya pada saat tidak ada perangkat, sinyal akan terus mencari koneksi sehingga yang bisa mengganggu. Sementara dengan adanya hardware, seperti pada router di rumah, maka sinyal akan menuju langsung ke perangkat tersebut tanpa menggangu komunikasi penerbangan,” jelas Fitriansyah.

Layanan ini secara perdana diluncurkan pada penerbangan Citilink tanggal 28 Desember 2018 mendatang, dan secara bertahap akan dipasang perangkatnya sampai 2019. Sementara Garuda Indonesia rencananya akan memasang perangkat wifi untuk 6 armada Airbus A330 seri 300 dan 73 armada Boeing 737 seri 800. Targetnya semua armada rute domestik Garuda Indonesia akan dilayani free Wifi.

 

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)