Management Trends

Garuda Indonesia Segera Hadirkan Pesawat Pikachu

Pikachu
Desain livery Pikachu akan menghiasi dua pesawat Garuda Indonesia. (Foto: Vina/SWA)

PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) bersinergi dengan The Pokemon Company untuk meluncurkan pesawat dengan desain livery Pikachu atau Pikachu Jet. Ini merupakan jet bertema Pokemon di Indonesia yang juga bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) serta Niantic Inc. untuk memeriahkan pariwisata domestik dan menjadikan Indonesia sebagai tujuan wisata turis mancanegara.

Direktur Layanan dan Niaga Garuda Indonesia Ade R. Susardi mengatakan, kolaborasi tersebut akan berlangsung selama lima tahun, di mana desain livery Pikachu akan menghiasi dua pesawat yang akan terbang ke sejumlah destinasi domestik dan internasional.

“Pesawatnya ada dua, tapi satu pesawat bisa terbang ke empat atau lima destinasi. Jadi tidak terbatas, bisa kemana-mana baik domestik atu internasional,” ujar Ade dalam konferensi pers di Jakarta, Selasa (30/05/2023).

Ade menyebut, saat ini kedua belah pihak sedang mendiskusikan desain yang akan ditampilkan di badan pesawat. Ia pun memastikan selama proses pengerjaan desain tersebut tidak akan menggangu jalannya operasi perusahaan. “Desainnya akan berbeda tiap pesawat. Jika desainnya sudah selesai, maka lama pengerjaan tergantung dari gambar atau desain yang nanti dipilih oleh tim,” katanya.

Ia juga memastikan bahwa penentuan harga tiket tetap didasarkan pada rute dan tingkat permintaan pada rute tersebut. Artinya, tidak ada perbedaan harga tiket antara pesawat dengan livery khusus ini maupun pesawat biasa.

Corporate Officer Asia Business Division The Pokemon Company Susumu Fukunaga mengungkapkan, proyek Pokemon Air Adventures dimulai dengan tujuan meningkatkan minat masyarakat untuk kembali bepergian setelah pandemi Covid-19. Proyek pertama diawali pada 2021 yang bekerja sama dengan Skymark Airlines, sebuah maskapai penerbangan dari Jepang.

Hingga saat ini, The Pokemon Company telah berkolaborasi dengan lima maskapai penerbangan di dunia seperti Jepang, Singapura, Taiwan, dan China. “Kami ingin menciptakan inisiatif dan program yang menyenangkan agar menjadi motivasi orang-orang untuk bepergian. Semoga proyek ini bs berjalan dengan baik. Mohon dukungannya,” kata Fukunaga berharap.

Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif Kemenparekraf Muhammad Neil El Himam menilai proyek ini bisa mendongkrak sektor pariwisata mengingat besarnya penggemar Pokemon di Tanah Air. Festival Pokemon di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara beberapa waktu lalu menarik 1,6 juta pengunjung.

“Ini bisa berdampak besar untuk pariwisata dan ekonomi kreatif. Mendorong industri pariwisata dan turunannya, seperti hotel, transportasi, kuliner, hingga meningkatkan lapangan pekerjaan dan perekonomian warga di sekitarnya,” kata Neil.

Editor : Eva Martha Rahayu

Swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved