GE Dipercaya Memelihara PLTG Terbesar Milik Jawa Satu Power

PT Jawa Satu Power, perusahaan konsorsium dari PT Pertamina (Persero), Marubeni Corporation, dan Sojitz Corporation menandatangani kerja sama untuk memberikan kepercayaan kepada konsorsium General Electric (GE), Samsung C&T (Samsung), dan PT Meindo Elang Indah (Meindo).

Kerja sama ini merupakan kontrak EPC (Engineering, Procurement and Construction) untuk Pembangkit Listrik Tenaga Gas (PLTG) Jawa 1 combined-cycle.

Jawa Satu Power akan menjadi pembangkit listrik dengan teknologi combined-cycle terbesar di Indonesia yang  menggunakan teknologi turbin gas HA terbaru dari GE. Selain itu, perusahaan ini juga menandatangani kesepakatan layanan pemeliharaan dengan GE selama 25 tahun. Layanan ini mencakup inspeksi pemeliharaan untuk peralatan pembangkit GE dengan menggunakan perangkat lunak GE Asset Performance Management (APM) yang berguna untuk memantau, memprediksi, dan meningkatkan keandalan serta efisiensi pembangkit listrik.

Pembangkit listrik Jawa Satu merupakan bagian dari Program Ketenagalistrikan 35 gigawatt (GW) pemerintah Indonesia yang dapat menambah pasokan listrik sekitar 1.760 MW ke dalam jaringan listrik nasional. Pembangkit listrik ini akan menggunakan dua turbin gas GE 9HA.02, dan diharapkan mulai beroperasi pada pertengahan 2021.

Menurut Presiden & CEO GE Indonesia, Handry Satriago, efisiensi pembangkit listrik penting untuk menjaga tarif listrik tetap kompetitif dan terjangkau masyarakat. “Di sinilah turbin gas GE 9HA.02 efisiensi tinggi dan perangkat lunak Asset Performance Management (APM) dari GE memainkan peranannya," ungkapnya. Dukungan GE pada PT Jawa Satu Power dan mitra konsorsium EPC, Samsung, dan Meindo ini untuk membantu menghadirkan listrik yang lebih efisien, andal dan terjangkau di Indonesia.

GE dikenal sebagai penyedia pembangkit listrik dengan teknologi combined-cycle paling efisien di dunia dengan teknologi HA-nya. Teknologi HA juga menawarkan fleksibilitas terdepan di industri, mampu memberikan daya penuh ke dalam jaringan dalam waktu kurang dari 30 menit, dan menghasilkan daya yang lebih bersih, lebih andal dan berkelanjutan kepada pelanggan.

Kerja sama GE dengan Pertamina, Marubeni, dan Sojitz terwujud dalam berbagai proyek di Asia, Timur Tengah, dan Australia. Kerja sama ini berhasil menciptakan sebuah kondisi yang saling menguntungkan dalam tatanan energi global.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)