Gebrakan Advan G2 Menyentuh Emosi Pengguna

Tjandra Lianto, Marketing Director Advan (dok SWA)

Setelah dikukuhkan riset IDC (2017) masuk top 3 merek smartphone terlaris di Indonesia dan berhasil mengalahkan brand global Asus, Xiaomi, Vivo dan Lenovo, Advan terus terpacu menghasilkan produk unggulan yang diidamkan konsumen.

Mengawali tahun 2018, Advan kembali membuat gebrakan dengan merilis produk Advan G2. Smartphone ini suksesor dari seri G1 dan G1 Pro yang laris manis di pasaran. Seri ke-2 dari G Series ini memiliki fitur, spesifikasi, dan harga jitu yang telah diprediksi akan mengejutkan bagi para kompetitor di kelasnya seperti Samsung Galaxy J5 Pro, Oppo F5 Youth, Vivo V69.

Dengan teknologi, fitur serta performanya, Advan G2 yakin melampaui kompetitornya tersebut. “Di sinilah, kami mampu menangkap kebutuhan konsumen Tanah Air yang menginginkan smartphone Jitu, namun tetap dengan harga terjangkau,” ujar Tjandra Lianto, Marketing Director Advan.

Banyak kecanggihan fitur Advan G2 sebagaimana dijelaskan Tjandra. Pertama, dari sisi kamera, fitur selfie camera 16 MP “Selfie In Details” paling G2 (jitu). “Kelebihan utama Advan G2 terletak pada Selfie Camera 16 MP yang dapat memberikan detail lebih pada foto selfie yang dihasilkan. Kamera depan 16MP ini mampu menangkap semua obyek dan background di sekeliling kita dengan gambar yang tajam tanpa kehilangan detail nya saat di zoom,” jelas Tjandra.

Perpaduan kamera depan 16MP dan aperture F/2.0 ini membuat pengguna bisa mendapatkan foto yang lebih terang untuk menangkap detail dengan sempurna dalam keadaan low-light sekalipun.

Selain itu, selfie camera Advan G2 juga dibekali fitur Beauty Selfie 5.0 yang dapat membuat wajah lebih cantik alami dengan sentuhan virtual make up untuk menghasilkan selfie yang sempurna.

Hal ini diperkuat dengan kamera belakang 13MP mampu menyuguhkan performa terbaiknya untuk memotret di berbagai kondisi dengan pencahayaan cukup ataupun kurang dengan hasil foto yang detail dan jernih. Kamera Advan G2 ini juga memiliki berbagai menu pengaturan untuk menghasilkan karya foto kreatif.

Keunggulan kedua, dari desain mewah, baterai besar dengan Splash Resistant paling jitu. Advan G2 tampil mempesona dengan desain memikat. Body slim dan stylish, membuatnya terlihat sama seperti smartphone premium kelas atas. Lebih lagi, Advan berhasil memadukan desain yang slim dengan kapasitas baterai besar berdaya 3500mAh, membuat konsumen sekarang bisa memiliki dua keuntungan sekaligus: look dan power. Produk ini juga dibekali dengan splash resistant yang mampu menahan cipratan air, sehingga cocok untuk segala suasana.

Fitur ketiga, keamanan paling jitu. Untuk fitur keamanan, Advan memang tidak perlu diragukan lagi. Melanjutkan keunggulan Advan Secure yang merupakan security software pengembangan dari IDOS (Indonesia Operating System) yang dibuat oleh Advan sendiri, kali ini Advan G2 memiliki fitur keamanan paling lengkap dari sebelum penggunaan – kehilangan ponsel. Fitur keamanan tersebut dibedakan menjadi dua: sebelum pemakaian dan setelah pemakaian smartphone.

Sebelum pemakaian smartphone, ada fitur Face ID. Teknologi keamanan yang sedang popular ini juga disematkan didalam Advan G2 sebagai secured access ke dalam smartphone. Kamera depan G2 telah dilengkapi dengan sensor dengan algoritma pengenal wajah untuk membuka layar dengan lebih mudah, namun tetap dengan kendali keamanan yang tinggi. Fitur keamanan kedua adalah Frint Finger Print dengan 0,3 detik kecepatan membuka layar membuat pengguna dapat dengan cepat menggunakan smartphone mereka.

Bagaiaman keamanan saat pemakaian smartphone? Ada fitur Privacy System. Advan G2 telah dibekali dengan privacy system yang canggih untuk menjamin privasi data dari penggunanya, sehingga hanya pemilik yang bisa mengakses data-data penting yang dimiliki. Kedua, fitur Super Apps Lock. Fitur ini melindungi akses kepada aplikasi di smartphone melalui gesture lock atau goresan bebas untuk membuka kunci apps. Dengan adanya gesture lock ini maka keamanan aplikasi akan semakin terjaga. Setiap akses yang tidak terotorisasi akan terfoto dengan sendirinya dan terkirim ke email pengguna smartphone.

Keamanan setelah pemakaian smartphone dengan fitur anti theet. Fitur canggih ini akan membantu menelusuri smartphone yang hilang dengan GPS Tracking System. Selain itu Anti theft memungkinkan pengguna untuk mengunci smartphone dari jauh, memberikan warning message, memotret, menyalakan alarm, sampai melakukan Data Wiping dari jarak jauh.

Selain ketiga kelebihan utama tersebut, Advan G2 juga dilengkapi dengan dapur pacu yang handal untuk memastikan performa yang G2 ( jitu). Ponsel pintar ini dipersenjatai dengan prosesor octa core 1,5GHz serta RAM 3GB dan 32GB yang membuatnya sangat handal untuk menjalankan berbagai aktivitas, baik itu multi tasking maupun mobile game yang sedang tren.

Dengan melimpahnya fitur dan spek produk yang canggih serta keamanan tingkat tinggi, Advan G2 hanya dibanderol dengan harga Rp2.499.000. Kesesuaian antara spek, fitur, dan harga inilah yang menjadi kekuatan Advan G2 dibanding kompetitor yang lain.

Fitur dan harga paling G2 (jitu) tersebut dalam genggaman, Advan optimistis smartphone terbaru ini dapat mendominasi pasar smartphone Rp2 jutaan dan akan mendapat respons antusias dari konsumen millennial.

Sebagai brand kebanggaan Indonesia yang juga diterima generasi millennial, Advan G2 menggaet pasangan artis muda yang sedang naik daun Natasha Wilona dan Verrel Bramasta, serta grup musik (Gamaliel Audrey Cantika) atau GAC sebagai brand ambassador untuk menyampaikan pesan bahwa brand Indonesia mampu bersaing dengan merek global lainnya .

Hingga akhir tahun 2020, Tjandra menargetkan pangsa pasar Advan sebesar 10-15% untuk pasar Indonesia. “Dari segi kualitas, Advan tidak berbeda jauh dengan kompetitor. Sebab, yang membedakan hanya persepsi dan loyalitas mereknya,” ungkapnya.

Target tahun 2018, Advan mengharapkan pangsa pasar 10%, lalu 12,5% tahun 2019 dan 15% akan dicapai tahun 2020. Peningkatan experience Advan akan membuat pengguna makin loyal. “Advan melakukan pegembangan hardware dan software. Di Indonesia, Advan menggunakan Operating System (IDOS) sendiri yang mengembangkan empat hal yaitu Security, Smart Management, Power Saving, dan Unique Feature,” jelas Tjandra.

Hingga tahun 2020 reputasi merek Advan akan terus ditingkatkan. Layanan purna jual juga menjadi perhatian dan ditingkatkat. Saat ini sudah lebih dari 60 titik di Indonesia dengan level pelayananan dalam hitungan jam. “Kualitas produk juga terus kami tingkatkan agar konsumen puas,” ujarnya. Total, Advan berhasil menjual 7 juta unit produknya di tahun 2017. Jumlah itu bukan hanya smartphone, tapi juga feature phone dan tablet.

Untuk itulah, strategi Advan tahun 2018 dan di tahun mendatang, akan lebih meningkatkan loyalitas merek. Advan berusaha membuat produk lebih inovatif dan berguna. “Bagaimana merek tersebut dapat mewakili dan memberikan inspirasi bagi mereka, serta memberikan kebanggaan. Saya rasa produk apapun akan mencapai target pasar terbaik jika bisa mendapatkan hal tersebut,” ujar Tjandra.

Adapun jurus untuk mencapai target tersebut, Advan akan fokus pada inovasi produk dan pengembangan Sumber Daya Manusia. Dengan SDM terbaik, Advan yakin dapat menjadi kebanggaan masyarakat. Selain itu, Advan menjalankan marketing strategy yang tepat, terutama dalam meningkatkan brand equity melalui TVC, radio bahkan digital marketing sesuai dengan target pasarnya.

“Kami akan memperkuat potensi dalam memberi customer experience. Jika sisi fungsional sudah tidak ada masalah, aspek emosional yang dapt digarap Advan . Jika semua pemain smartphone bertarung di wilayah yang sama, maka pilihan akan jatuh pada selera dan pengalaman batin tiap orang. Aspek ini yang siap kami garap untuk meningkatkan loyalitas pelanggan,”jelas Tjandra lagi. (SWA)

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)