Marketing Trends zkumparan

Gebrakan SatuDalamKopi Dukung Industri Kopi Lokal

Tokopedia meluncurkan kampanye #SatuDalamKopi untuk mendukung langsung industri kopi lokal. Kampanye tersebut juga didukung oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) dan Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin) Republik Indonesia (RI). Dengan harapan dapat menjawab berbagai tantangan para pelaku industri kopi di tengah pandemi COVID-19 (20/04/2020).

“Di situasi seperti ini, penting sekali agar seluruh pihak dapat menyatukan upaya. Baik pemerintah, pelaku industri, perusahaan teknologi Indonesia, dan masyarakat,” jelas Agus Gumiwang Kartasasmita, Menteri Perindustrian RI.

Agus menerangkan, bahwa saat ini terdapat 1.204 industri kecil dan menengah (IKM) pelaku usaha kopi yang mengolah biji kopi lokal dari para petani di berbagai daerah di Indonesia. Menurutnya, kampanye #SatuDalamKopi menjadi contoh nyata dalam mendorong pemasaran produk kopi lokal melalui kafe, warung kopi dan masyarakat luas.

Berjalan tidaknya IKM dan pelaku industri kopi, dapat berdampak langsung pada minat beli hasil panen kopi. Beberapa petani kopi di Aceh bahkan mengeluhkan penurunan harga jual hingga 50%, yang sebelumnya dibanderol Rp10.000 per bambu (harga jual basah) menjadi hanya Rp5.800.

Hal ini yang kemudian memicu Kemenparekraf dan Kemenperin RI, Tokopedia, serta para pelaku industri kopi lokal, menginisiasi kampanye #SatuDalamKopi. Upaya tersebut diharapkan dapat memajukan kopi nusantara serta menggerakkan roda perekonomian di tengah pandemi.

“Di situasi seperti sekarang ini, kita harus dapat menciptakan ekosistem yang kondusif untuk mendukung industri kopi lokal. Agar produk lokal dapat menjadi pemimpin di pasar kita sendiri,” jelas Wishnutama Kusubandio, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Wishnutama juga menjelaskan bahwa banyak aspek yang dapat di perkuat. Dengan memperkuat aspek tersebut, kita dapat memastikan produk-produk lokal bertahan, serta mampu berkompetisi di era sekarang ini. Sekaligus untuk menjaga pertumbuhan ekonomi Indonesia.

“Kopi memiliki potensi ekonomi yang luar biasa, terutama sebagai salah satu alternatif produk lokal dalam berwirausaha. Dengan dukungan dari hulu ke hilir, kami berharap momentum kampanye ini bisa dimanfaatkan oleh seluruh pegiat industri kopi, mulai dari petani hingga pemilik merek kopi lokal,” tambah William Tanuwijaya, CEO dan Founder Tokopedia.

Kampanye nasional #SatuDalamKopi diadakan mulai tanggal 20 hingga 26 April 2020. Tokopedia akan melibatkan hampir 1000 pelaku industri kopi dari berbagai penjuru wilayah di Indonesia. Tak hanya pelaku industri kopi, para pecinta kopi dapat ikut berpartisipasi dalam menyemarakkan kampanye selama tujuh hari tersebut.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved