Gebrakan Segar dari Hutan Kota Plataran

Selain restoran dan taman besar, Hutan Kota Plataran juga memiliki Plataran Tembok Ekspresi, Plataran Putri Dewi Perfomance Deck, Plataran Pet Playground, dan mushala.

Mulai dari Desember 2019 ini, masyarakat Indonesia hingga wisatawan mancanegara bisa menikmati fasilitas restoran Indonesia di Hutan Kota Plataran yang berlokasi di dalam komplek Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta. Tempat ini sepenuhnya dikonsep hingga dioperasikan oleh putera-puteri Indonesia.

Tempat ini direvitalisasi dengan menggunakan hampir seluruhnya bahan-bahan yang bersumber dari dalam negeri, melibatkan banyak UKM dan dibiayai sepenuhnya oleh Plataran Indonesia, tanpa melibatkan dana dari pemerintah.

Selain sebagai taman besar, tempat ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti restoran (MICE) yang representantif, Plataran Tembok Ekspresi, Plataran Putri Dewi Perfomance Deck, Plataran Pet Playground, dan mushala.

“Hutan Kota Plataran bukan hanya restoran atau taman, it’s a totally holistic hospitality,” ujar Yozua Makes, Founder & CEO Plataran Indonesia, di Jakarta (18/12/2019).

Konsep dasar yang diusung adalah "Sejarah, Alam, Kebudayaan, dan Kejayaan Indonesia" dan menyandang tagline Light of Nusantara. Selain mendatangkan ribuan tanaman serta ahli burung, Plataran juga mengharapkan tempat ini bisa menjadi sanctuary bagi burung-burung yang ada di Jakarta.

“Kami mendatangkan ribuan tanaman yang disukai oleh burung. Jadi bukan hanya tanaman, namun keasliannya, jadi hidup tempatnya. Sebelumnya disini pun tidak ada mushala yang khusus, jadi kami buatkan mushala khusus yang very comfortable,” tambah Yozua.

Untuk mengakses tempat ini, masyarakat dapat melalui pintu-pintu utama GBK yaitu pintu 5, 7 dan 10 serta menggunakan transportasi publik, termasuk MRT yang berlokasi dekat dengan tempat ini.

Yozua juga menegaskan, “Tempat ini tetap terbuka aksesnya untuk publik, bahkan yang saya harapkan adalah publik yang datang kesini sekalian makan di tempat kami karena kami memerlukan dana pemeliharaan tempat ini yang besar dan juga sebagai pengembalian apa yang sudah kami tanamkan di sini.”

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)