Genap Setahun, Srikandi BRI Fokus Pemberdayaan Perempuan

Retno W Wijayanti, SEVP Change Management & Transformation Office PT Bank Rakyat Indonesia (Foto: Anastasia AS/SWA).

Srikandi Bank Rakyat Indonesia (BRI) yang juga bagian dari Srikandi Badan Usaha Miliki Negara (BUMN) merayakan hari jadinya yang pertama, tepatnya pada tanggal 23 April 2021. Dalam kegiatannya, Srikandi BRI berfokus pada 3 hal yakni pro planet, pro people, dan pro profit/growth.

Pro people, Srikandi yang berada di BRI dan BUMN harus memiliki kapabilitas untuk tumbuh menjadi leader, serta dapat menjadi perempuan yang bisa memberikan sesuatu untuk negeri ini sesuai dengan bidangnya,” kata Retno W Wijayanti, SEVP Change Management & Transformation Office PT Bank Rakyat Indonesia.

Kedua, dari sisi pro planet, para srikandi ini juga dituntut melakukan penghijauan dan menjaga kelestarian lingkungan. Adapun kegiatan yang telah dilakukan adalah menanam 1000 pohon trambesi di Sidoarjo. Selain itu, skrikandi BRI juga melakukan penanaman pohon pisang di Gresik sebanyak 1000 pohon, serta melakukan urban farming di wilayah kerja BRI.

Ketiga, pro profit/ growth. Skrikandi BRI dituntut harus memiliki kemandirian dalam berusaha. “Pandemi covid-19 membuat banyak ibu-ibu terdorong untuk mandiri dengan segala kapabilitasnya, sehingga mereka bisa membangun network baru,” kata Retno melanjutkan. Bahkan, menurutnya, banyak ibu-ibu yang belajar menggunakan media sosial untuk memasarkan hasil usahanya.

Dalam satu tahun berdirinya Srikandi BRI dan BUMN ini, sudah ada 30 kegiatan yang dilakukan. Misalnya, mengadakan kegiatan sosial untuk membantu kelompok pekerja perempuan. “Kami membantu masyarakat yang terdampak bencana alam di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan malang,” ujarnya.

Lebih jauh dia mengatakan, para srikandi juga melakukan kegiatan sosial dengan membantu masyarakat terlantar di Surabaya, serta membantu membuat kerajinan dari sampah. “Kegiatan selanjutnya yang telah kami lakukan adalah menyelenggarakan test masal GeNose C19 bekerjasama dengan masjid istiqlal dan membangun playground untuk anak -anak,” kata dia.

Sebagai tambahan, Bank BRI mencatatkan komposisi pekerja perempuan sebanyak 35%, dari angka tersebut sebanyak 6%-nya berada di level management. “Kami berharap akan ada banyak perempuan yang bisa menjadi leader di Bank BRI atau di BUMN, dan bahkan di kancah dunia,” kata Retno menutup pembicaraan.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)