Generasi Milenial dan Gen Z Dipacu Mengembangkan Kewirausahaan | SWA.co.id

Generasi Milenial dan Gen Z Dipacu Mengembangkan Kewirausahaan

Finalis DSC 2022. (Ilustrasi foto : Dok)

Diplomat Success Challenge (DSC) Season 14 kembali hadir untuk mengajak generasi milenial dan Gen-Z berkontribusi pada Indonesia melalui wirausaha. Sebagai kompetisi dan ekosistem kewirausahaan inisiatif dari Wismilak Foundation, gerakan (movement) pada tahun 2023 ini membawa pesan #BerkaryaUntukIndonesia.

Program Initiator DSC Season 14, Edric Chandra, mengatakan para calon entrepreneur berkesempatan untuk bergabung dalam ekosistem DSC serta berpotensi mendapatkan akses pendanaan.  “Berdasarkan evaluasi, hibah modal usaha pada DSC Season 14 menjadi Rp 2,5 miliar, naik dari tahun-tahun sebelumnya sebesar Rp 2 miliar. Kami berharap penambahan hibah modal usaha ini akan memberikan lebih banyak kesempatan pada para entrepreneur untuk mendapatkan modal dan mentoring,” ujarnya dalam Campus Roadshow DSC 14 di Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Yogyakarta (30/05/2023).

Kegiatan yang diadakan untuk ke-14 kalinya ini merupakan gerakan (movement) yang menitikberatkan pada menggali lebih jauh kekayaan alam Indonesia untuk menambah nilai (added value). Sehingga para entrepreneur dapat berperan aktif dalam memperkuat perekonomian lokal, menciptakan lapangan kerja, meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat, dan mengurangi ketimpangan regional. Dengan mendorong kemandirian dan inovasi di tingkat lokal, gerakan ini berkontribusi pada pembangunan yang berkelanjutan dan inklusif di Indonesia.

Edric mengatakan wirausaha atau entrepreneur itu perlu memiliki visi dan tujuan yang jelas, berorientasi hasil dan memiliki sikap inisiatif proaktif. Bergabung dengan DSC Season 14 dapat membangun motivasi, mengembangkan ide, berinovasi dan belajar mengenal resiko bisnis. Hal ini memiliki value yang tinggi untuk generasi muda yang ingin memulai bisnis atau mengembangkan bisnisnya.

Pada Campus Roadshow kali ini, hadir salah satu anggota Diplomat Entrepreneur Network (DEN), yaitu Hedar, founder Nasi Kulit Syuurga. Hedar mengatakan wirausahawan muda dapat menggali potensi ide bisnis berbasis kearifan lokal sebagai sasaran produk kreatif milenial. Berinovasi dengan kearifan lokal dapat meningkatkan nilai lebih dan daya jual produk lokal sehingga berperan memperkuat ekonomi bangsa dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

DSC menyokong para entrepreneur Indonesia untuk siap wujudkan visi bisnis dan #BerkaryaUntukIndonesia. Peserta dipacu mendaftarkan diri pada website Diplomat Sukses sebelum 16 September 2023.

Swa.co.id

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)