Business Research Trends

Generasi Milenial Lebih Percaya Diri Menua dengan Sehat

Herbalife Nutrition kembali memaparkan Herbalife Nutrition Asia Pacific Healthy Aging Survey 2020 dalam acara eWellness Tour yang mengungkapkan bagaimana masyarakat memiliki visi yang jelas tentang apa arti penuaan sehat bagi mereka. Ini merupakan rangkaian kampanye Get Moving With Good Nutrition (GMGN).

Ternyata kurang dari tiga dari 10 konsumen yang memiliki kepercayaan diri untuk dapat menua dengan sehat, yang diikuti dengan kekhawatiran jatuh sakit karena kekebalan tubuh yang menurun sebagai kekhawatiran utamanya.

Andam Dewi, Senior Director & General Manager Herbalife Nutrition Indonesia mengatakan melalui E-Wellness Tour, pihaknya berkomitmen memberikan edukasi tentang nutrisi kepada masyarakat. Untuk itu Herbalife Nutrition pada acara tersebut mengundang Ketua Program Studi Pascasarjana Ilmu Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB) University, Dr. Rimbawan dan Ketua Umum Asosiasi Nutrisionis Olahraga dan Kebugaran Indonesia (ANOKI), Mury Kuswari sebagai pembicara.

Kehadiran dua ahli dan praktisi kesehatan dalam kegiatan ini ditujukan untuk memberikan informasi kesehatan dan nutrisi bagi masyarakat sekaligus menindaklanjuti temuan pada survei sebelumnya yang menyatakan bahwa praktisi kesehatan merupakan sumber yang dipercaya 75 persen masyarakat di Asia Pasifik dalam mendapatkan informasi seputar nutrisi dan kesehatan. Angka ini merupakan angka kepercayaan tertinggi dibandingkan dengan sumber lain seperti media sosial, internet dan lain-lain.

Berkaca pada hasil survei yang menyatakan bahwa di Asia Pasifik, hanya 3 dari 10 responden merasa yakin akan kemampuan mereka dapat menua dengan sehat. “Kegiatan ini merupakan kesempatan bagi kita untuk memberikan informasi yang benar dan berguna bagi publik di saat masyarakat dihantui kekhawatiran terkait apa yang akan mereka alami saat mengalami penuaan. Perlu diinformasikan pula bahwa semua orang memiliki peluang yang sama untuk dapat menjalani masa penuaan dengan sehat,” tambah Andam.

Saat ditanya terkait definisi menua dengan sehat, responden Indonesia memiliki pandangan positif. 63 persen menyatakan bahwa penuaan dengan sehat berarti tidak menderita penyakit tertentu di saat tua, Sementara 58 persen responden juga mendefinisikan menua sehat dengan tidak menjadi beban bagi keluarga mereka. 49 persen juga menyatakan tetap aktif dan tajam secara mental adalah definisi menua dengan sehat

Hanya tiga dari 10 (28 persen) konsumen Asia Pasifik yang menyatakan keyakinan akan kemampuan mereka untuk menua dengan sehat. Konsumen di Asia Tenggara umumnya lebih percaya diri dibandingkan di Asia Timur Laut. Kepercayaan diri Indonesia paling besar (61 persen), diikuti oleh Malaysia (44 persen) dan Filipina (43 persen). Di sisi lain, konsumen di Korea (17 persen), Taiwan (17 persen), Hong Kong (13 persen) dan Jepang (9 persen).

Di kelompok responden dengan demografi yang berbeda, konsumen yang lebih muda seperti Generasi Z (31 persen) dan Milenial (32 persen) menunjukkan kepercayaan yang lebih besar pada kemampuan mereka untuk menua dengan sehat dibandingkan dengan Generasi X yang lebih tua (26 persen) dan Generasi Boom + (24 persen).

Meski demikian, mayoritas responden di Indonesia memahami pentingnya penuaan yang sehat, dengan lebih dari delapan dari 10 konsumen (82 persen) telah mengambil langkah-langkah untuk membantu menua dengan sehat. Langkah-langkah yang dilakukan antara lain: 73 persen telah memperbaiki asupan nutrisi mereka, 63 persen menyatakan mereka telah melakukan lebih banyak olahraga reguler, 50 persen juga menyatakan telah melakukan aktifitas yang menstimulus kesehatan mental, 46 persen mengkonsumsi suplemen yang mendorong kesehatan dan 42 persen juga telah melakukan pengecekan kesehatan lebih teratur.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved