Generasi Milenial Penggerak Bisnis Shopee Indonesia

Dengan sekitar 1.600 karyawan sejak kehadirannya di Indonesia tahun 2015, ternyata mayoritas karyawan Shopee berusia di bawah 30 tahun yang merupakan generasi milenial. Peran milenial inilah ini akan sangat penting untuk kemajuan bisnis perusahaan e-commerce asal Singapura tersebut.

Menurut Yoris Sebastian dalam bukunya “Generasi Langgas: Millennials Indonesia,” bahwa pada tahun 2020, setengah populasi usia produktif di Indonesia adalah milenial. Menyadari hal itu Shopee Indonesia berkomitmen untuk memprioritaskan pertumbuhan, perkembangan, dan kesejahteraan karyawannya dengan menjadikan Shopee sebagai tempat kerja ideal bagi mereka yang berperan penting untuk bisnis Shopee.

Jenie Simon, Head of Human Resource Shopee Indonesia, mengungkapkan bahwa di Shopee, umur bukan menjadi faktor yang membatasi perkembangan karyawan. “Dari total karyawan Shopee, lebih dari 90% karyawan dan lebih dari 60% top management level berusia dib awah 30 tahun. Selama karyawan kami menunjukkan performa yang baik dan kemampuan dalam memimpin, Shopee akan memberikan kesempatan bagi mereka untuk mengembangkan dan membuat perubahan nyata dalam mendorong bisnis perusahaan kedepannya,” ujarnya.

Sebagai pelaku bisnis di industri yang dinamis, karyawan milenial telah terbukti membantu Shopee dalam beradaptasi dan tumbuh dengan cepat, bahkan dalam menghadapi persaingan yang ketat. Generasi milenial tumbuh di tengah pesatnya perkembangan era teknologi, konektivitas, dan informasi seperti saat ini.  Sebagai generasi awal yang tumbuh di masyarakat digital, generasi milenial salah satu pendorong utama industri e-commerce. Tren ini tercermin juga pada penjual Shopee yang menunjukkan bahwa 70% penjual di komunitas Kampus Shopee berada di bawah usia 30 tahun.

Marketing Manager Shopee Indonesia, Monica Vionna, menambahkan, Shopee berusaha meningkatkan platform untuk memastikan bahwa pengguna (generasi milenial) memiliki informasi yang mereka butuhkan dalam proses jual beli online. “Kami sangat terbuka dengan ide-ide baru yang dapat membantu Shopee terus berkembang menjadi destinasi belanja online nomor 1 di Indonesia," tambah Monica.

Untuk mendapatkan kinerja terbaik dari karyawan milenialnya, Shopee Indonesia berupaya membangun kenyamanan dan pengalaman yang menyenangkan dalam bekerja. Shopee Indonesia fokus dalam tiga aspek penting, yakni fisik, finasial, dan psikologis. Fisik diberikan Shopee dengan memberikan asuransi, fasilitas gym, dan olahraga secara rutin. Sedangkan finansial diwujudkan dengan makan siang gratis hingga subsidi transportasi bagi karyawannya. Untuk psikologis, program CSR, training berkala, management trainee, dan lingkungan kerja yang kondusif senantiasa dihadirkan oleh Shopee.

Menurut Yoris Sebastian, dalam mempekerjakan generasi milenial perusahaan harus mencoba memahami mereka karena memang kebutuhan mereka telah berbeda. “Dan lingkungan kerja yang kondusif bukan sekedar kantor keren namun yang terpenting adalah hubungan antar karyawan dan atasan agar mereka bisa lebih produktif,” jelasnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)