Generasi Z dan Milenial Masih Suka Mendengarkan Radio

Erick Thohir, Ketua Umum PRSSNI Pusat periode 2019-2023 (ke-3 dari kiri dan para pemenang lomba cipta lagu radio

Siapa bilang generasi masa depan sudah tidak mendengarkan radio? Data Nielsen pada Kuartal III/2019 menunjukkan bahwa 57% pendengar radio adalah Generasi Z dan milenial atau generasi masa depan. Sebanyak 4 dari 10 orang pendengar radio mendengar radio melalui perangkat yang lebih personal yaitu mobile phone dengan lama mendengar radio selama 14 jam 47 menit per minggu.

Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) adalah organisasi radio siaran swasta yang eksis dan berizin yang terbesar di Indonesia. Saat ini Radio Anggota PRSSNI berjumlah 585 yang bernaung di bawah 26 Pengurus Daerah & Koordinator Daerah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Di bawah kepemimpinan Erick Thohir yang terpilih secara aklamasi pada Munas XV PRSSNI di Jakarta sebagai Ketua Umum PRSSNI Pusat periode 2019-2023, PRSSNI memiliki ada 4 sasaran ; p1ertama, meningkatkan daya saing industri radio; Kedua memperbesar kue iklan radio, Ketiga standarisasi pengelolaan radio, dan yang Keempat sinergi pemerintah untuk regulasi yang mendukung kemajuan industri.

Untuk memperingati ulang tahun ke-45, yang jatuh pada tanggal 17 Desember, PRSSNI menggelar Radio Day 2019 untuk kembali memperkenalkan radio sebagai media komunikasi yang efektif dalam merangkul berbagai segmen usia lintas generasi dan “masih selalu” dekat di hati pendengarnya.

Rangkaian aktivitas Radio Day 2019 ini meliputi dukungan PRSSNI terhadap komitmennya untuk menjaga dan menghargai keberagaman. Komitmen ini disampaikan oleh Presiden Joko Widodo; Erick Thohir, Ketua Umum PRSSNI, dan M.Rafiq, Sekretaris Umum PRSSNI yang disiarkan serentak di seluruh radio anggota PRSSNI mulai Pkl 07.00 WIB.

Acara selanjutnya adalah Anugerah Lomba Cipta Lagu Radio & Radio Awards 2019, yang mengumumkan sekaligus pemberian penghargaan kepada Best Brand, Best Advertising Agency, Best Radio Buying serta. Best Recording Company. Pada kesempatan tersebut, PRSSNI juga mengumumkan pemenang Lomba Cipta Lagu Radio 2019.

Lomba Cipta Lagu Radio (LCLRadio) 2019, sebagai salah satu program kerja PRSSNI yang dilaksanakan dalam rangka memperkuat eksistensi media radio di tanah air. Lomba ini juga melibatkan partisipasi radio anggota PRSSNI di seantero tanah air untuk mengajak pendengar radio di Indonesia untuk menjadi Peserta. Ada dua kategori yang dilombakan yakni kategori pop dan dangdut dengan tema bebas.

Musisi, pengamat musik nasional, dan juga music director radio turut dilibatkan sebagai dewan juri dalam LCLRadio 2019 ini, seperti Ikke Nurjanah, Hendro Saky, Irwan Jhons selaku juri genre dangdut dan Adib Hidayat, Nina Tamam serta Temmy Motion Radio selaku juri genre pop.

Kegiatan ini mendapat antusias yang tinggi dari masyarakat terutama para pendengar radio, yang dalam waktu 3 minggu berhasil mengumpulkan sebanyak 1.287 karya lagu, dan pada fase pemilihan lagu favorit pendengar diikuti lebih dari 4.000 voters hanya dalam waktu promosi 4,5 hari.

Lomba Cipta Lagu Radio berhadiah total senilai Rp200 juta dan penghargaan diberikan kepada para pemenang di malam anugerah di Hard Rock café Jakarta.

Pemenang Lomba Cipta Lagu Radio 2019

Kategori Dangdut:
- Favorit (hadiah 25 juta)
Judul: Derita Cinta
Karya: Sunaryo (Gresik)
- Juara 3 (hadiah 15 juta)
Judul: Arti Cinta Sejati
Karya: Silvy Nurmayasari (Kediri)
- Juara 2 (hadiah 25 juta)
Judul: Terkubur Dalam Hati
Karya: Sualuddin (Lombok)
- Juara 1 (hadiah 35 juta)
Judul: Derita Cinta
Karya: Sunaryo (Gresik)

Kategori Pop:
- Favorit (hadiah 25 juta)
Judul: Mari Berdansa
Karya: Rully Indra Taruna (Bekasi)
- Juara 3 (hadiah 15 juta)
Judul: Usai Denganmu
Karya: The Midnight Grid (Bandung)
- Juara 2 (hadiah 25 juta)
Judul: Mari Berdansa
Karya: Rully Indra Taruna (Bekasi)
- Juara 1 (hadiah 35 juta)
Judul: R.A.-Dio
Karya: Nata Ryan (Depok)

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)