Gerakan 1.000 Startup Digital Gelombang Tiga Fokus 6 Bidang

Setelah berjalan sekitar setahun, kini Gerakan Nasional 1000 Startup Digital sudah menjaring lebih dari 32 ribu pendaftar, lebih dari 6 ribu peserta yang terpilih.

Rasio peserta yang diterima 20,2%, melibatkan 370 mentor, dan 137 startup yang sudah mengikuti tahapan inkubasi di 10 kota di Indonesia. Dan gerakan itu sekarang telah memasuki gelombang ketiga.

Prasetyo Andi, Founder Code for Indonesia, mengatakan, gerakan yang bervisi mengukuhkan Indonesia sebagai 'The Digital Energy of Asia' pada gelombang  tiga ini akan lebih fokus ke 6 bidang yaitu agrikultur, pendidikan, kesehatan, pariwisata, logistik, dan smart energy.

"Hal ini ditujukan agar para entrepreneur di gerakan ini dapat memiliki pemahaman yang lebih mendalam terhadpa permasalahan yang riil di lapangan," ujar Prasetyo Andy, Founder Code for Indonesia.

Selain itu,  berbeda dari proses sebelumnya, Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital kali ini lebih fokus dalam mematangkan konsep peserta dengan mendatangkan domain expert di bidang industri yang merupakan fokus dari prioritas pemerintah.

Gelombang ketiga dimulai dengan langkah pertama yakni fase ignition, sebuah tahapan pembuka dari rangkaian program 1000 startup berupa seminar untuk memaparkan permasalahan utama yang ada di Indonesia oleh para pelaku industri yang akan membantu memecahkan dengan solusi digital.

Fase ignition pertama telah diselenggarakan padai Sabtu (24/3/2018) di Kantor Kementerian Komunikasi & Informatika, dan menargetkan 4.000 peserta setiap tahunnya, dengan menghadirkan pembicara yang ahli di bidang agrikultur, pendidikan, kesehatan, pariwisata, logistik, dan smart energy.

"Tujuan dari sesi ignition ini salah satunya pada kekuatan ide untuk mengubah perilaku dan hidup, terutama mengubah pola pikir calon startup founders yakni terkait problem solving, research minded, membangun enterprise, dan membangun kemauan untuk bekerja ekstra keras. Bukan tak mungkin nantinya kesadaran peserta terhadap permasalahan yang ada di lapangan dapat terbangun dengna sendirinya," ungkap Prasetyo.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)