Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital Catatkan 4.000 Pendaftar

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) resmi membuka pendaftaran program pembinaan Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital. Program ini dibuka sampai akhir tahun 2019. Dan selama 3 tahun penyelenggarannya, program ini telah mendanai puluhan ribu pemuda Indonesia untuk menciptakan solusi digital.

Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan, mengatakan, tahun ini Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital hadir dengan strategi, tahapan dan fitur-fitur yang berbeda dari sebelumnya. “Dengan penampilan baru kita akan rilis Ignite the Nation Kobarkan Bangsa, Membangun Bangsa Dengan Mimpi, Mimpi Besar yang merupakan solusi bangsa dan dunia," kata dia.

Gerakan penampilan baru ini membawa konsep untuk perluasan skala dan peningkatan kualitas pengembangan startup digital, termasuk mengajak kementerian dan mitra lokal. Tidak hanya itu, kurikulum program juga ikut direvisi dengan menitikberatkan pada inkubasi. Selain itu, portofolio dan kualitas mentor akan ditingkatkan dan terjadwal dengan baik.

“Gerakan ini bukan sekolah, tapi merupakan upaya untuk menciptakan ekosistem ekonomi digital,” ujar Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang Ekonomi Digital, Lis Sutjiati. Apalagi, meurutnya, masih banyak peluang untuk membuat solusi dari berbagai macam permasalahn sehari-hari dari permasalahan kota hingga bangsa. Oleh karena itu, program ini dibuat secara inklusif.

Selama tiga hari pertama pendaftaran, tercatat ada sekitar 4.000 pendaftar yang akan mengikuti program ini. Gerakan Nasional 1000 Startup Digital akan dilaksanakan secara intensif di 10 kota dengan kurun waktu 6 bulan. Adapun kegiatan yang akan dilakukan meliputi pembekalan materi, networking, konsultasi terkait bisnis model, dan strategi produk marketing, serta inkubasi yang merupakan sesi mentoring mendalam.

Pembangunan sumber daya manusia menjadi salah satu prioritas pemerintahan Presiden Joko Widodo, Dalam pidato pertamanya sebagai presiden terpilih pada Pilpres 2019 yang bertajuk Visi Indonesia, Presiden Joko Widodo menjelaskan komitmen pemerintah untuk mengidentifikasi, memfasilitasi, serta memberikan dukungan pendidikan dan pengembangan diri bagi Sumber Daya Manusia Indonesia.

“Kami sangat mengapresiasi Kemkominfo untuk kepercayaannya kepada Kumpul sebagai koordinator nasional program Gerakan Nasional 1000 Startup Digital,” kata Faye Alund, CEO Kumpul. Kumpul merupakan platform yang memberdayakan coworking space. Tujuannya adalah untuk membangun ekosistem yang fokus pada pertumbuhan wirausaha.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)