Gilkor Tingkatkan Loyalitas Pelanggan Ritel dengan Digital Voucher

Salah satu masalah yang seringkali dihadapi pusat perbelanjaan adalah tingginya jumlah volume pengunjung. Hal itu seringkali menyebabkan para pemilik ritel kesulitan untuk memonitor perilaku belanja konsumen dengan jumlah data dan transaksi yang besar. Berdasarkan kondisi tersebut, Gilkor menawarkan solusi Digital Voucher terintegrasi yang akan meningkatkan interaksi dengan pelanggan.

Sinartus Sosrodjojo, CEO dan pendiri Gilkor, menjelaskan, sebelumnya program loyalitas pelanggan diterbitkan berupa voucher fisik yang harus di-redeem melalui beberapa proses untuk mendapatkan berbagai penawaran dan hadiah dari pihak ritel. Sistem Digital Voucher Gilkor saat ini akan membantu menyederhanakan proses transaksi tersebut, baik bagi konsumen dan pengelola ritel.

Konsumen tidak perlu lagi membawa kartu fisik loyalty program retail yang mereka miliki dan datang ke customer service karena pelanggan dapat dengan mudah menukarkan poin menjadi voucher melalui mobile app yang dikembangkan oleh Gilkor. Proses transaksi di tenant pun tidak sulit karena konsumen hanya perlu melakukan mekanisme scan barcode. "Bagi pihak ritel, solusi ini ditujukan untuk membantu manajemen mal dalam meningkatkan loyalitas pelanggan dan jumlah pengunjung dengan memonitor apa yang pelanggan inginkan dan bagaimana berinteraksi yang tepat, berdasarkan data pelanggan," ungkapnya di Jakarta (4/9/2018).

Sistem Digital Voucher Gilkor terdapat dalam satu dashboard sederhana yang mudah untuk digunakan dan dimengerti. “Kami memiliki inovasi sistem yang disebut dengan ELYS, Engagement & Loyalty Solutions. Melalui sistem ELYS ini, dapat membantu kami secara all in one menarik data yang relevan dan mengkoordinasikannya dengan departemen yang tepat, dengan cara yang lebih sederhana dan hemat biaya. Sistem Digital Voucher dari Gilkor dapat diintegrasikan dengan ELYS untuk mendukung pembuatan program berbelanja yang menarik dengan digital voucher,” ujarnya.

Sejak bulan Mei 2018 lalu, Digital Voucher Gilkor telah diimplementasikan di salah satu pengembang ritel terbesar di Indonesia, Agung Sedayu Retail Indonesia, ASRI yang memiliki tiga pusat perbelanjaan terbesar di Jakarta, di antaranya PIK Avenue, Mall of Indonesia, dan Grand Galaxy Park Bekasi. Pada kesempatan yang sama, Nazira C. Noer, Head of Lifestyle Division Agung Sedayu Retail Indonesia mengutarakan, “Sebagai pilihan Agung Sedayu One saat ini, fitur digital voucher merupakan solusi bagi kami untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Kami dapat dengan mudah memonitor dan mengetahui shopping behaviour konsumen sehingga dapat menetapkan target dan mengidentifikasi area yang harus kami kembangkan."

Selain itu, para pengunjung setia  akan mendapatkan berbagai keuntungan, di antaranya kemudahan bertransaksi. Tidak hanya itu, mereka juga dapat mengikuti berbagai program belanja, berita terbaru dan acara – acara menarik lainnya serta mendapatkan special privilege seperti promo atau diskon menarik di berbagai tenant yang turut berpartisipasi. Dengan memberikan pengalaman berbelanja yang terbaik, kami berharap kami dapat menjangkau lebih banyak pelanggan dan meningkatkan penjualan.

Konsumen saat ini tidak perlu lagi membawa voucher fisik berupa kupon. Hanya dengan mengunduh aplikasi loyalty program dari mitra ritel, pihak ritel akan melakukan pemotongan poin anggota. Selanjutnya akan ada Digital Voucher berhadiah yang dikirimkan melalui push notification berdasarkan event atau program belanja yang sedang berlangsung.

Tidak hanya kemudahan bagi konsumen, namun fitur Digital Voucher juga mampu melakukan pengecekan ulang dan pengesahan melalui beberapa metode, sehingga transaksi setiap pelanggan aman. Ditemui pada acara yang sama, Layrianis Yenandra – GM Finance Accounting Agung Sedayu Retail Indonesia mengatakan, “Inovasi Digital Voucher Gilkor telah membantu kami untuk dapat melacak distribusi dan penggunaan voucher dengan mudah sehinga dapat mengurangi mengurangi potensi perpindahan tangan secara disengaja dan fraud (kecurangan) serta tidak lagi direpotkan untuk mencetak voucher fisik. Dengan begitu, para staff kami dapat menghemat proses kerja dan waktu karena tidak perlu lagi melakukan pengumpulan dan penghitungan voucher secara manual karena semua transaksi secara otomatis telah tercatat di sistem”.

 

Editor : Eva Martha rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)