Glory Wastra Betawi Digelar untuk Memperingati Hari Batik Nasional

Guna mempromosikan produk lokal para perajin batik UMKM DKI Jakarta sekaligus memperingati Hari Batik Nasional pada 2 Oktober 2021, acara Glory Wastra Betawi diselenggarakan oleh brand fashion Elemwe. Bagi Elemwe, mempromosikan hasil karya perajin batik secara langsung juga  turut mempromosikan seni budaya Kota Jakarta.

Kegiatan ini berkolaborasi dengan banyak pelaku usaha seperti UMKM, perajin batik, dan Hotel  Mercure Gatot Subroto Jakarta, acara  diselenggarakan secara offline dan online. "Melalui acara ini juga diharapkan dapat memberikan informasi bahwa Jakarta memiliki perajin batik di setiap wilayah dengan motif yang beda beda dan tidak kalah menariknya dengan motif batik lain dari berbagai wilayah di Indonesia," ujar Lily Mariasari, Pendiri Elemwe.

Tidak hanya menampilkan produk para perajin binaan, Elemwe juga mengadakan fashion show yang memperkenalkan motif batik baru yaitu ‘Salak’ yang merupakan kain batik hasil dari  salah satu perajin batik di Jakarta yakni Batik Betawi Rusun Tambora.

Kepedulian Elemwe terhadap para perajin  batik cukup kuat. Berbagai program dibuat untuk membina masyarakat dengan melibatkan warga di rusun-rusun Jakarta. Hal ini dilakukan agar masyarakat lebih kreatif dan inovatif terutama di masa pandemi.

"Berawal dari melihat saat pandemi banyak perajin  yang tidak berproduksi, kemudian sering kali melihat motif batik Betawi yang dibuat perajin hanya itu - itu saja sehingga kami tergerak  untuk membuat suatu acara dan kebetulan juga bertepatan dengan Hari Batik Nasional serta launching desain baru kami, maka terselenggarakan acara ini," jelasnya.

Kegiatan yang dihadiri juga oleh Ibu Wagub DKI Jakarta dan Ibu Kepala Dinas PPKUKM DKI Jakarta ini secara bersamaan diselenggarakan di beberapa tempat yaitu Hotel Mercure, Hotel Ibis Styles, MBloc, Dunia Fantasi dan beberapa tempat lain-nya. Dengan memilih tempat tempat tersebut diharapkan mampu memperkenalkan batik betawi dikalangan usia sekolah dasar sampai orang tua. "Kami sudah mempersiapkan desain batik yang bisa digunakan untuk usia- usia muda, dewasa, dan orangtua," ujar Lily.

Rangkaian acara yang dimulai sejak 1 Oktober 2021 akan berjalan hingga 29 Oktober 2021. Event yang rencananya akan digelar satu tahun sekali ini di antaranya diisi dengan berbagai kegiatan seperti, kelas membatik, menjahit masker, demo membatik, fashion show batik, dan live IG bertema sejarah batik.

Lily berharap pandemi segera berlalu, agar program-program Elemwe dalam membina dan mempromosikan Batik Betawi bisa terus terealisasi. "Saya berharap pandemi usai, saya ingin segera membangkitkan semangat para pengrajin agar kegiatan ini bermanfaat membuka lapangan pekerjaan dengan menjadikan mereka sebagai pengrajin batik, menjembatani para pengrajin dengan para pelaku usaha fashion,” ungkapnya menutup penjelasan.

www.swa.co.id       

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)