GMT dan Tokopedia Adakan Liga Olah Raga Elektronik

Esports atau olah raga elektronik merupakan salah satu cabang olahraga eksibisi yang dipertandingkan pada Asian Games 2018 mendatang.

Sayangnya di Indonesia, masih banyak stigma pada video game, sehingga perkembangannya masih rendah di Indonesia. Padahal pasar video game di dunia nilainya mencapai US$ 1.138 juta. Merek-merek besar seperti CocaCola, Visa dan Redbull menjadi sponsor kompetisi olah raga elektronik di dunia.

Giring Ganesha Presiden Indonesia Esports  Premier League (ESPL), mengatakan, Indonesia masih berada di peringkat 16 dunia pada tahun lalu di olah raga elektronik. “Padahal potensi kita sangat bagus, salah satu pemain kita Yulius tahun lalu menjadi juara dunia esport Point Blank dan salah satu pemain terbaik dunia,” sebutnya.

Untuk itulah IESPL sebagai sebuah organisasi pengelola dan penyelenggara turnamen, serta liga olah raga elektronik pertama di Indonesia, yang digagas oleh Giring Ganesha, Rangga Danu Prasetyo, Audrey Sianturi dan Ezra Marcella, di bawah naungan PT Gajah Merah Terbang (PT GMT) -- bersama Tokopedia menggelar Tokopedia Battle of Friday (TBoF), liga utama esports bagi para pemain game profesional se-Indonesia yang turnamennya digelar pada 11 Agustus 2018 di Pullman Central Park Jakarta.

IESPL diikuti 12 tim pro gamers peserta TBOF, yaitu Evos, Rrq, Nxl, Boom Id, Xcn, Recca, Alter Ego,  Cacorn, The Prime,  Bigetron, Juggernaut, dan PG Barracx akan memperebutkan total hadiah senilai Rp. 1,9 miliar melalui total 660 pertandingan ke depan. Empat divisi game akan dipertandingkan oleh ke-12 peserta, yaitu Counter Strike Global Offensive, Dota 2, Point Blank, Mobile Legends, selama enam bulan sejak 10 Agustus 2018-25 Januari 2019.

Khusus saat Asian Games 2018, IESPL menghentikan sementara kegiatan sebagai bentuk dukungan pada pertandingan eksibisi esports di Asian Games 2018. Peluncuran TBoF dilakukan oleh President IESPL Giring Ganesha, didukung oleh Tokopedia dan Cube TV, dengan mempertandingkan dua pertandingan, serta diadakan pertandingan eksibisi Mobile Legends antara tim dari Filipina Aether Main melawan tim IESPL All-Star. Selanjutnya, TBoF akan dilaksanakan di Highgrounds iCafe Pantai Indah Kapuk pada Jumat 17 Agustus 2018.

“IESPL memiliki visi dan misi untuk membawa esports menjadi industri olahraga bergengsi di Indonesia, seiring dengan tren dunia. Kami berharap, kehadiran TBoF dapat membuat iklim kompetisi esports di Indonesia semakin berkualitas, juga memotivasi lahirnya talenta-talenta baru di bidang ini. IESPL juga bertanggung jawab atas edukasi, konten, produk dan komersial esports di Indonesia. Kami secara aktif membantu pemerintah merumuskan kebijakan bagi klub pro gamers atau pemain game profesional di Indonesia dengan harapan bisa mengharumkan nama Indonesia melalui esports nantinya,” papar pria yang dikenal saat menjadi penyanyi di grup musik Nidji.

Pada liga olah raga elektronik pertama yang diadakan besar-besaran ini, GMT menggandeng Tokopedia sebagai sponsor utama. Disampaikan Herman Widjaja, VP Engineering of Digital and Fintec, Tokopedia, TBoF diharapkan bisa memunculkan talenta-talenta terbaik negeri ini yang akan bersinar di kancah dunia. “Seperti disampaikan Giring, kita masih tertinggal dibanding negara lain, mestinya bisa jauh lebih maju lagi mengingat potensinya, dengan liga ini diharapkan masyarakat akan lebih aware bukan pada stigma negatifnya tapi pada potensinya,” tuturnya.

Aswin Atonie, Head Marketing and Communcation Cube TV, menjelaskan, yang menjadi pendukung tersiarnya liga ini secara langsung mengatakan melalui TBoF, Cube TV menunjukkan komitmen untuk berpartisipasi secara aktif dalam mendukung esports Indonesia. “Kami percaya TBoF tidak hanya berperan untuk memberikan motivasi bagi atlit esports yang sudah ada, namun juga andil dalam menumbuhkan bibit-bibit atlit esports dan mendorong para pengembang game di Indonesia,” katanya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)