Trends Economic Issues zkumparan

Go-Jek Mendirikan Dua Perusahaan di Vietnam dan Thailand

Go-Jek pada hari ini (25/6/2018) mengumumkan peluncuran dua perusahaan yang didirikan secara lokal di Vietnam dan Thailand.

Peluncuran tersebut sebagai gelombang pertama dari rencana ekspansi internasional ke negara-negara Asia Tenggara. Kedua perusahaan ini akan dikelola oleh tim manajemen sekaligus pendiri lokal dengan didukung pengetahuan, keahlian, teknologi serta investasi dari Go-Jek.

Go-Viet, merek yang diperkenalkan di Vietnam, akan memasuki tahap beta testing di bulan Juli yang akan melibatkan sejumlah pengemudi dan konsumen, sebelum diluncurkan secara penuh dalam beberapa bulan mendatang. Sementara GET, merek yang diperkenalkan di Thailand, akan diluncurkan segera setelahnya seiring dengan konsultasi yang saat ini sedang berjalan dengan berbagai pemangku kepentingan setempat termasuk pemerintah, mitra pengemudi, dan konsumen. Kedua perusahaan di tahap awal akan menghadirkan layanan ride-hailing dan logistik, yang kemudian akan diikuti oleh layanan pesan antar makanan dan pembayaran elektronik.

Nadiem Makarim, CEO dan Founder Go-Jek, mengatakan, Go-Jek memiliki strategi mengombinasikan teknologi kelas dunia yang telah dikembangkan dengan keahlian, pengalaman serta pengetahuan pasaryang dimiliki tim lokal, untuk menciptakan bisnis yang benar-benar memahami kebutuhan konsumen.

“Kami percaya masing-masing tim lokal memiliki pengetahuan dan keahlian untuk memastikan kesuksesan bisnis di Vietnam dan Thailand. Mereka memang menggunakan merk yang berbeda, namun mereka tetap beroperasi sejalan dengan nilai-nilai yang telah berhasil menjadikan Go-Jek pemimpin pasar di Indonesia. Bagi kami ini bukan hanya tentang pertumbuhan bisnis, namun bagaimana kami dapat menghadirkan dampak positif kepada sebanyak-banyaknya orang,” ujarnya.

Ia juga menjelaskan, ekspansi internasional ini dilakukan dengan perencanaan berbulan-bulan setelah ronde penggalangan investasi Go-Jek terakhir yang membawa investasi dari investor prestisius seperti Astra International, Warburg Pincus, KKR, Meituan, Tencent, Google, Temasek, dan lainnya. Dari investasi yang didapatkan, dana sebesar US$500 juta dialokasikan untuk ekspansi internasional sejalan dengan strategi perusahaan melebarkan sayapnya di Asia Tenggara. Go-Jek juga berencana untuk meluncurkan operasinya di Singapura dan Filipina.

Pinya Nittayakasetwat, Chief Executive Officer & Co-Founder GET, mengungkapkan, kerja sama ini juga dilandasi karena Tim GET terinspirasi dari cara-cara Go-Jek dalam mencari pemecahan masalah sehari-hari menjadi peluang bisnis. “Tim GET terinspirasi oleh cara perusahaan memutarbalikkan masalah sehari-hari menjadi peluang bisnis yang sekaligus meningkatkan kualitas hidup jutaan orang. Kami bergerak dengan filosofi yang sama, dan kami bersemangat untuk menghadirkan dampak positif bagi masyarakat Thailand,” ungkapnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.od


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved