Gojek Bantu UMKM Binaan Kementerian Naik Kelas

Chief Public Policy & Government Relations Gojek Group, Shinto Nugroho bersama Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf

Guna membantu UMKM binaan enam kementerian atau lembaga negara naik kelas, Gojek menggelar seminar dan workshop bertema “Gojek Wirausaha #GerakanOnlineNusantara - UMKM Kreatif dan Mandiri Kreasi Anak Bangsa."

Enam kementerian/lembaga negara tersebut adalah Kementerian Koordinator Perekonomian, Kementerian Koperasi dan UKM, Kementerian Perindustrian, Badan Ekonomi Kreatif, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Direktorat Jenderal Pajak-Kementerian Keuangan.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf dalam keynote speech saat pembukaan acara tersebut mengatakan, Indonesia sekarang merupakan negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara dengan pertumbuhan ekonomi digital tercepat. Potensi ini harus bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh para pelaku ekonomi kreatif dan UMKM di Indonesia. "Kami berharap melalui Gojek Wirausaha - Gerakan Online Nusantara ini, UMKM kreasi anak bangsa dapat lebih kreatif dan mandiri," ujar dia.

Dalam kesempatan yang sama Chief Public Policy & Government Relations Gojek Group, Shinto Nugroho, mengatakan, melalui program ini, Gojek menyediakan paket lengkap bagi UMKM yakni akses pasar yang lebih luas dengan masuk ke ekosistem Gojek, akses ke teknologi melalui platform Gojek sekaligus akses ke peningkatan kemampuan dan pengetahuan dengan pelatihan dan modul.

Program Gojek Wirausaha adalah program pelatihan berbisnis yang diberikan oleh Gojek kepada pelaku industri UMKM dalam bentuk kelas tatap muka. Program ini bertujuan untuk memberikan dasar-dasar pengetahuan membangun bisnis agar para pelaku UMKM di seluruh Indonesia agar bisa menjadi naik kelas dengan masuk ke dunia digital.

Melalui Gerakan Online Nusantara, Gojek Wirausaha berusaha mendorong lebih banyak lagi UMKM Go Online, melalui pemberian akses bagi UMKM yang sudah mengikuti pelatihan untuk masuk ke platform digital melalui ekosistem Gojek yakni GoFood, GoPay serta Arisan Mapan serta kolaborasi dengan komunitas dan institusi pemerintah

Materi yang dibawakan dalam pelatihan Gojek Wirausaha beragam sesuai dengan level kesiapan usaha mulai dari tingkat pemula, menengah dan lanjutan. Selain memberikan akses pada platform digital, Gojek juga turut mengajarkan materi seperti digital marketing, pengemasan produk, fotografi produk, manajemen bisnis, dll untuk memperluas akses pelaku UMKM. 

Saat ini, di ekosistem Gojek telah hadir tiga super-apps yang salah satunya ditujukan membantu para merchant terutama UMKM mengembangkan dan mengelola usahanya.

Sejak diluncurkan pada awal 2019, Gojek Wirausaha telah melatih lebih dari 14 ribu UMKM se-Indonesia di 17 kota di Indonesia melalui kolaborasi dengan 26 komunitas dan institusi pemerintah.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)