Gojek Hadir di Jayapura

Peresmian layanan Gojek di Jayapura

Kini, Gojek hadir di Kota Jayapura. Targetnya membantu masyarakat dalam mendapatkan berbagai layanan lengkap dengan mudah. Di saat yang sama, unicorn ini membantu pekerja sektor informal serta Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memperoleh pendapatan lebih baik melalui teknologi.

Walikota Jayapura Dr. Drs. Benhur Tomi Mano, MM meresmikan layanan Gojek di Jayapura dengan melakukan pemukulan Tifa bersama VP Gojek Regional Indonesia Bagian Timur, Anandita Danaatmadja dan City Head Jayapura, Irto Sarungu ​di Lapangan Kantor Walikota Jayapura (10/1/2019)​. Dalam kesempatan itu Benhur berpesan kepada masyarakat dan mitra pengemudi untuk melayani masyarakat dan bekerja dengan baik, karena ini merupakan salah satu untuk mewujudkan Jayapura menjadi ​Smart City.

"Saya harap masyarakat sekitar dapat mendukung kehadiran Gojek di Jayapura dalam rangka meningkatkan taraf hidup pekerja sektor informal dan pemberdayaan UMKM. Bagi masyarakat yang masih mengandalkan mata pencaharian pada ojek pangkalan, saya mengajak ayo bergabung dengan Gojek dan hindari pemalangan-pemalangan jalan,” jelas Benhur.

Dalam kempatan yang sama, VP Gojek Regional Indonesia Bagian Timur, Anandita Danaatmadja, mengatakan, “Dengan operasional yang diperluas, kami berharap lebih banyak lagi UMKM dan pengusaha mikro seperti mitra pengemudi di Jayapura yang bisa merasakan manfaat teknologi,
khususnya dalam membantu perekonomian daerah.”

Komitmen Gojek dalam mendorong kesejahteraan mitra terbukti turut berdampak positif terhadap perekonomian Indonesia. Hasil riset Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI) tahun 2017 mengungkapkan, perusahaan transportasi online ini telah berkontribusi Rp 8,2 triliun per tahun dari penghasilan mitra pengemudi dan Rp 1,7 triliun dari mitra UMKM terhadap perekonomian nasional.

Dalam perekrutan di Jayapura, Gojek memprioritaskan ojek lokal untuk menjadi mitra pengemudi terlebih dahulu. Caranya, melakukan sosialisasi ke puluhan pangkalan ojek yang tersebar di seluruh wilayah Kota Jayapura. Adapun hal ini dilakukan, agar perekrutan mitra pengemudi sesuai dengan target yang seharusnya.

Masuknya Gojek di Jayapura sejalan dengan kebijakan Pemerintah Pusat dalam pembangunan infrastruktur di Indonesia Timur. Layanan yang diberikan Gojek untuk masyarakat Jayapura yakni pengantaran penumpang (Go-Ride), pengantaran makanan (Go-Food) dan pengantaran barang (Go-Send), serta pembayaraan non tunai
(Go-Pay).

Pada kesempatan yang sama Gojek bersama Polres Jayapura Kota melakukan penandatanganan MoU pemanfaatan aplikasi Noken bagi mitra pengemudi. Aplikasi Noken yang telah diluncurkan pada April 2017 merupakan sebuah ​aplikasi yang membantu masyarakat Jayapura untuk memonitor maupun melakukan pelaporan dalam kondisi lingkungannya. Aplikasi ini juga tersedia tombol panik yang bisa ditekansaat keadaan darurat. Di dalam aplikasi ini terdapat berbagai fasilitas berupa lokasi kantor polisi, petugas yang sedang bertugas dan pengaduan masyarakat ​real time. Dengan adanya aplikasi Noken ini, mitra pengemudi dan penumpang diberikan ketenangan dalam beroperasional.

“Saya optimistis ini peluang yang cukup baik bagi masyarakat, karena masuknya Gojek di Jayapura dapat memberikan kepastian dalam penyediaan lapangan pekerjaan. Selain itu, mitra pengemudi Gojek menjadi mitra dari pihak kepolisian dalam pemanfaatan aplikasi Noken untuk membantu memonitor keamanan baik diri sendiri, penumpang maupun lingkungan sekitar dimana mitra pengemudi itu berada, ”ujar ​Kapolres Jayapura Kota AKBP Gustav Robby Urbinas SH, S.I.K ​saat peluncuran layanan Gojek di Jayapura.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)