Gojek Luncurkan 12 Program Kesejahteraan Mitra Driver

Dalam menjalankan peran sebagai salah satu garda terdepan, Gojek luncurkan 12 program kesejahteraan mitra driver. Program ini mencakup tiga area utama yang paling berdampak bagi keberlangsungan hidup mitra driver Gojek, yaitu Penyediaan Layanan Kesehatan, Ringankan Beban Biaya Harian, dan Bantuan Pendapatan.

“Mitra driver kami kini menghadapi banyak ketidakpastian. Sehingga kami berharap upaya-upaya yang telah kami lakukan untuk membantu mereka dapat mengurangi kecemasan mereka terhadap masa depan," ungkap Co-CEO Gojek, Kevin Aluwi. Program tersebut diharapkan dapat memastikan keberlangsungan mata pencaharian para mitranya dalam menghadapi dampak dari Covid-19 (31/03/2020).

Pada area Penyediaan Layanan Kesehatan mencangkup tiga poin. Pertama adalah penyediaan perlengkapan kesehatan bagi mitra driver. Kedua, Jaminan Asuransi Kesehatan bagi mitra driver. Ketiga, meningkatkan kesadaran mitra untuk menaati prosedur kesehatan. Poin-poin tersebut sebelumnya telah disosialisasikan melalui pembagian masker, dan hand sanitizer kepada mitra driver-nya.

Sedangkan pada fokus area Ringankan Beban Biaya Harian, Gojek menghadirkan lima poin. Kelimanya adalah program distribusi paket sembako, program sembako melalui kolaborasi dengan Alfamart, program sembako oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa, paket makanan hemat dan sehat bagi mitra driver, serta Bantuan pembayaran pinjaman kendaraan. Gojek ke depannya akan bekerja dengan lembaga pemerintah terkait mengenai prosedur-prosedur keringanan pembayaran cicilan kendaraan bagi para driver.

“Seluruh inisiatif ini kami rancang sedemikian rupa. Agar dapat mencakup area-area kritis yang paling berdampak pada mitra kami di saat masyarakat berjuang melalui krisis saat ini," jelas Andre Soelistyo, Co-CEO Gojek.

Melalui fokus area Bantuan Pendapatan, Gojek memberlakukan empat poin. Pertama adalah fitur pada produk untuk mendukung peningkatan penghasilan driver. Kedua, program bantuan pendapatan bagi mitra driver yang terkonfirmasi positif COVID-19 yang sudah berjalan saat ini. Ketiga, perluasan cakupan bantuan pendapatan didukung oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa. Serta, partisipasi dalam program bantuan pendapatan pemerintah.

"Gojek berada di garda paling depan dalam mendukung para driver online agar bisa terus menafkahi keluarganya di masa sulit ini. Gojek juga secara aktif berkoordinasi dengan pemerintah dalam memastikan bantuan pemerintah dapat menjangkau kalangan masyarakat yang paling terkena dampak, termasuk jutaan mitra driver online," tambah Garibaldi Thohir, Komisaris Utama Gojek.

Dana Bantuan Mitra Gojek ke depannya akan dikelola oleh Yayasan Anak Bangsa Bisa. Yayasan tersebut merupakan entitas yang menjadi wadah penyaluran berbagai program tanggung jawab sosial perusahaan. Yayasan Anak Bangsa Bisa akan berfungsi mengawasi penyaluran dana. Pada saat yang bersamaan, juga akan terbuka untuk bekerja sama dengan berbagai donor dan mitra baru dalam misi sosial Gojek .

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)