Gojek Luncurkan Video on Demand Goplay

Gojek merilis platform video-on-demand, Goplay. Peluncuran ini tidak hanya untuk mewadahi pecinta film, tetapi juga kepada para sineas untuk memperkenalkan karyanya ke pasar. Nantinya, Goplay akan menyediakan konten yang diproduksi sendiri dan konten film lainnya.

Kevin Aluwi, Co-founder Gojek, mengatakan, inovasi ini melengkapi ekosistem yang telah bervolusi dari layanan ride hailing menjadi platform teknologi. “Di sisi industri kreatif terutama industri konten dan film, kami melihat masih terdapat tantangan dalam menyediakan akses kepada penonton. Namun di sisi lain, penetrasi internet dan smartphone yang cukup tinggi memberikan peluang bagi para sineas nasional agar karya mereka dapat dinikmati masyarakat banyak,” kata dia.

Platform ini diharapkan dapat menjembatani para sineas dengan jutaan pengguna smartphone di Indonesia dan dapat memberikan dampak ekonomi dan sosial dalam ekosistem industri kreatif. Peluncuran layanan GoPlay dalam ekosistem Gojek ini menyusul peluncuran secara beta kepada sejumlah pengguna Gojek bulan Juli lalu.

“Tingginya antusiasme masyarakat terhadap konten lokal dapat dilihat dari pertumbuhan penonton film Indonesia selama tiga tahun terakhir, yang meningkat dari 36 juta di tahun 2016 menjadi 46 juta di tahun 2018. Namun, dalam hal rasio penonton film Indonesia terhadap film asing di layar lebar, masih menjadi PR bersama,” kata CEO GoPlay, Edy Sulistyo.

Di sisi lain, menurutnya, akses penonton terhadap hiburan berkualitas masih terbatas. Layar bioskop juga tidak sebanding dengan jumlah populasi. Sehingga, banyak sineas yang belum bisa menampilkan karyanya.

Dari segi konten, Goplay akan bekerjasama dengan rumah produksi lokal diantaranya, Goplay akan memproduksi Filosofi Kopi The Series, Kata Bocah The Show, dan Haha Club. Selain itu, platform juga akan menampilkan film Aruna dan Lidahnya, Kulari ke Pantai, Buffalo Boys, dan 27 Steps of May. Ke depan, Goplay juga akan memproduksi 3 serial terbaru yakni, Saiyo Sakato dengan Salman Aristo dan Gina S. Noer sebagai showrunners, Tunnel garapan Shanty Harmayn dan Tanya Yuson, serta adaptasi Gossip Girl besutan sutradara Nia Dinata.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)