Management Trends zkumparan

Gojek Perluas Jangkauan ke Marauke Hingga Asia Tenggara

Go-Jek memperluas operasional layanannya di kota Merauke, Papua. Dengan perluasan ini artinya, Gojek telah hadir di 70 kota di seluruh Indonesia.

Nadiem Makarim, CEO dan Founder Go-Jek, mengatakan, pihaknya percaya bahwa pemanfaatan teknologi merupakan cara yang paling cepat dan terbaik untuk masayarakat dalam meningkatkan kesejahteraannya. “Dengan operasional yang diperluas dari Sabang hingga Merauke, kami berharap lebih banyak UMKM dan pengusaha mikro seperti mitra-mitra driver yang bisa merasakan manfaat teknologi.”

Nadiem juga menambahkan bahwa perayaaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini terasa sangat istimewa, karena tahun ini perusahaan tidak hanya meluaskan jangkauan Go-Jek dari Sabang hingga Marauke, namun juga ekspansi ke negara-negara Asia Tenggara. “Kami ingin memberikan kesempatan yang sama bagi masyarakat di negara Asia Tenggara lainnya untuk dapat merasakan manfaat Go-Jek dalam mempermudah kehidupan sehari-hari mereka,” ujarnya.

Kehadiran Go-Jek di luar Indonesia mendapatkan respon positif dari konsumen, terutama di Vietnam. “Go-Viet, merek yang digunakan Vietnam, telah melakukan soft launch di kota Ho Chi Minh, Vietnam minggu lalu dan mendapatkan respons sangat positif dari masyarakat. Go-Viet berhasil meraih 15% pangsa pasar di Ho Chi Minh hanya dalam waktu sepuluh hari sejak soft launch,” kata dia menambahkan.

Sebelumnya, Go-Jek telah mengumumkan peluncuran dua perusahaan yang didirikan secara lokal di Vietnam dan Thailand. Peluncuran ini merupakan gelombang pertama dari ekspansi internasiona perusahaan lke negara-negara Asia Tenggara.

Dia juga mengklaim keberhasilan Go-Jek di luar Indonesia adalah dengan menggabungkan keahlian perusahaanya di bidang teknologi, operasional, serta pengembangan bisnis, ditambah keahlian tim lokal yang memahami kebutuhan konsumen di negara masing-masing. Masyarakat di Asia Tenggara, kata Nadiem melanjutkan, saat ini memerlukan alternatif pilihan layanan ride-hailing. Tak hanya konsumen yang membutuhkan pilihan tetapi juga para pengemudi. “Adanya kompetisi selalu bisa membuat pasar menjadi lebih tumbuh dan berkembang. Aspirasi kami adalah menjadi aplikasi pilihan untuk membantu kehidupan sehari-hari masyarakat di Asia Tenggara.”

Lebih lanjut, Nadiem menambahkan bahwa pihaknya juga ingin membuktikan bahwa #AnakBangsaBisa menempatkan Indonesia pada peta inovasi global dan kepemimpinan di bidang teknologi. “Ini tidak dapat kami lakukan tanpa dukungan dari semua pihak, termasuk mitra driver, konsumen, dan pemerintah.” Aplikasi Go-Jek saat ini telah memfasilitasi lebih dari 100 juta transaksi setiap bulan, bahkan Go-Food juga dikatakan telah menjadi layanan pesan-antar makanan terbesar di Asia di luar China.

Sementara itu, Go-Jek juga memberikan apresiasi kepada perusahaan-perusahaan lokal yang mengharumkan nama Indonesia hingga kemancanegara, salah satunya Telkomsel. Sebagai partner yang menawarkan paket komunikasi dengan harga terjangkau bagi para driver, Telkomsel juga mendukung peresmian perluasan operasional dengan menyediakan akses konektivitas untuk sambungan langsung ke Sabang dan Merauke.

Editor : Eva Marha Rahayu

www.swa.co.id


© 2023-2024 SWA Media Inc.

All Right Reserved