Google Rilis Aplikasi Video Call Duo

step0002

Menurut data dari Google YouGov Survey pada Juli 2016, 19% dari netizen berusia 18+ di Indonesia melakukan video call lewat ponsel mereka setiap hari. Namun, 81% dari mereka mengatakan kalau koneksi internet yang tidak stabil kerap membuat frustasi, dan 25% mengaku kalau pengalaman video call masih belum maksimal saat dilakukan dari jenis ponsel yang berbeda.

Untuk itu, Google merilis Google Duo, aplikasi video call yang bekerja antar ponsel, baik Android maupun iOS. Duo didesain untuk memudahkan komunikasi via video, sehingga pengguna tidak perlu khawatir jika melakukan video call ke jenis perangkat yang berbeda.

Berbeda dengan aplikasi video call lainnya yang mengharuskan pengguna membuat akun terpisah, pengguna Duo hanya perlu melakukan sign up untuk memulai panggilan. Dirancang untuk memberikan pengalam berkomunikasi yang cepat dan tidak merepotkan, video call bisa terhubung dengan cepat dan tetap bekerja meski pengguna memiliki koneksi yang lambat. Kualitas panggilan akan mengikuti perubahan jaringan, dan saat bandwidth terbatas, Duo akan secara otomatis mengurangi resolusi gambar agar panggilan tetap mulus. Duo juga bisa secara otomatis beralih dari Wi-Fi ke jaringan ponsel (dan sebaliknya) tanpa memutus panggilan, jadi saat Anda memulai telepon dari rumah dengan koneksi Wi-Fi, pengguna tetap bisa berbicara tanpa putus begitu pengguna melangkah keluar rumah dan mulai menggunakan jaringan ponsel.

Fitur yang menarik di Duo adalah fitur knock-knock yang memungkinkan pengguna melihat penelepon sebelum menjawab panggilan. Penggunapun bisa tahu lebih dulu siapa dan tujuan panggilan yang masuk. Soal kemanan dan privasi, pengguna tidak perlu khawatir karena semua panggilan di aplikasi Duo dienkripsi dari awal hingga akhir (end-to-end encrypted).

“Video call adalah pengalaman berkomunikasi paling mirip dengan bertatap muka, tapi pengalaman ini kadang masih membuat frustasi dan rumit. Dengan Duo, kami harap Anda tak perlu lagi khawatir apakah panggilan pengguna akan tersambung, atau apakah kerabat Anda menggunakan jenis perangkat yang sama dengan pengguna. Anda bisa selalu berbagi momen penting dengan orang terdekat, di manapun Anda berada,” kata Justin Uberti, Principal Software Engineer Google Duo.(EVA)

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)