Google Rilis Fitur-Fitur Anyar di Bulan Ramadhan

Google merilis fitur-fitur baru untuk menyambut bulan suci Ramadhan 1438 Hijriah. Perusahaan raksasa teknologi itu berharap 9 fitur barunya bisa mempermudah aktivitas pengguna di bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri. Head of Marketing Google Indonesia, Veronica Utami, mengatakan, 9 fitur ini disesuaikan dengan kebutuhan dan kebiasaan orang Indonesia selama bulan Ramadhan. kesembilan fitur ini mencakupi berbagai layanan Google seperti Google Search, YouTube, Google Maps, Google Photos dan juga Google Play.

Untuk Google Search, Google memperkenalkan fitur Keyword “Ramadan”, di mana semua informasi mengenai Ramadan dapat ditemukan dalam satu tujuan. Mulai dari ​resep ​untuk berbuka, ucapan salam hingga mengetahui kapan matahari akan terbenam​. Selain itu, dalam Google Maps pengguna Google juga dapat mereservasi tempat berbuka puasa melalui fitur ​Cari meja (Find a table) yang telah bekerja sama dengan Qraved dan Chope. “Dengan Google Maps, pengguna bisa langsung ke meja restoran sekalipun tidak berada di tempat,” ujar Veronica.

Google juga mempersiapkan konten khusus Ramadan YouTube Shelf selama bulan suci ini. Fitur itu sebagai teman ngabuburit, seperti lagu, resep masak, hingga konten Ramadan yang khusus dibuat oleh para YouTube creators. Sementara untuk pecinta gaming, Google juga menyiapkan promosi khusus #SalipLevel untuk bermain game favorit. Di sana dilengkapi akses berbagai kegembiraan dengan teman melalui Kartu Hadiah Google Play.

Pada akhir Ramadan nanti tentu pengguna akan disibukkan dengan kegiatan mudik. Hal itu membuat Google Maps menghadirkan berbagai pembaruan. Sebagai teman mudik, selain membantu mencari restoran dan SPBU terdekat, Google Maps kini dapat membantu dalam pencarian mesjid untuk beribadah ketika sedang berada dalam perjalanan. "Juga tidak kalah seru, selama perjalanan mudik, ada Youtube Offline yang dapat menemani dengan konten Ramadan kapanpun mau tanpa koneksi Internet sekalipun," ucapnya.

Sedangkan untuk Hari Raya Idul Fitri yang menjadi momen puncak Ramadan, Google ikut mempersiapkan fitur terbarunya sebagai teman hari raya di Maps yaitu Bagikan Lokasi. Fitur ini bisa memberitahukan dan mendapatkan posisi kerabat secara real-time ketika sedang dalam perjalanan menuju tempat berkumpul.

Selain itu, mengambil momen kebersamaan dengan mengambil foto saat sedang berkumpul dengan keluarga merupakan suatu hal yang paling ditunggu dan tidak pernah terlewatkan. Untuk memudahkan berbagi momen Idul Fitri dengan sanak keluarga, dengan fitur Album sharing di Google Photos setiap anggota keluarga dapat lebih mudah mengkses foto ataupun menambahkan foto. "Google Maps juga dilengkapi dengan fitur Transit untuk Commuter Line (KRL).”

Editor : Eva Martha Rahayu

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)