Grab Gandeng Warung Pintar Percepat Inklusi Digital

Kerja sama Grab dan Warung Pintar

Grab dan perusahaan startup teknologi retail mikro, Warung Pintar bersinergi untuk memberdayakan komunitas grassroot di Indonesia agar beralih ke perekonomian digital. Kemitraan ini didukung dan difasilitasi oleh ASEAN Impact Challenge (AIC), sebuah platform yang dirancang untuk menemukan para inovator dan entrepreneur di Asia Tenggara.

Tahun 2018, AIC berkolaborasi dengan Grab dan mengadakan program GrabImpact Award yang perdana, dengan tujuan untuk menjangkau inovator-inovator di Asia Tenggara dan membantu pengembangan teknologi yang dapat memecahkan tantangan-tantangan mobilitas, O2O, dan pembayaran di wilayah tersebut. Setelah melalui proses seleksi bersama lebih dari 500 nominasi dan pendaftaran dari 10 negara Asia Tenggara, GrabImpact Award dianugerahkan kepada Warung Pintar di bulan November 2018.

Era Natasha, Programme Lead ASEAN Impact Challenge, mengatakan, inovator-inovator berbasis teknologi memiliki peluang terbesar untuk menciptakan dampak sosial dalam skala besar. “Kolaborasi adalah kunci keberhasilan. Dengan menggabungkan sumber daya dan keahlian, maka kita akan dapat bergerak lebih cepat dan menciptakan dampak yang lebih besar," ujarnya.

Penghargaan tersebut menempatkan Warung Pintar di jalur cepat ke akselerator Grab Ventures Velocity dan karenanya, Warung Pintar berhak mendapatkan layanan Grab senilai US$10 ribu selama satu tahun. Pada 2018, Grab Ventures telah mengumumkan alokasi dana sebesar US$250 juta untuk membantu startup teknologi Indonesia merambah wilayah Asia Tenggara.

Grab Ventures Velocity adalah program peningkatan (scale-up), dan mendapatkan dukungan luas di ekosistem teknologi Indonesia dan Asia Tenggara, baik dari mitra sektor publik maupun swasta. Program tersebut mendukung mitra startup dengan memberikan akses ke pasar regional, pendampingan bimbingan (mentorship), pembuktian konsep yang membantu mengangkat Grab Platform, dan jika cocok, investasi strategis. Grab Venture menargetkan untuk dapat memverdayakan 100 juta pengusaha mikro di wilayah Asia Tenggara pada 2020 mendatang.

Sementara itu, Ridzki Kramadibrata, Managing Director Grab Indonesia, mengatakan, pihaknya memiliki komitmen kepada target pertumbuhan sosial ekonomi jangka panjang dan perluasan lapangan kerja Indonesia Indonesia melalui rancangan ‘Grab 4 Indonesia’ 2020. “Pada Agustus lalu, kami menginvestasikan US$250 juta untuk membantu startup teknologi Indonesia tumbuh lebih cepat dan mengembangkan bisnis mereka ke luar Indonesia,” katanya.

Selama satu tahun berdiri, Warung Pintar telah membantu lebih dari 1.000 kios . Sementara pada kuartal ketiga tahun 2018, tercatat, peningkatan pendapatan pemilik kios mengalami kenaikan sebesar 37% dari kuartal sebelumnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)