Grab Luncurkan Algoritma Khusus Untuk Aturan Ganjil-Genap

Grab mengimplementasikan algoritma khusus layanan GrabCar untuk penyaringan dan pencocokkan plat ganjil-genap dari kendaraan milik mitra pengemudi sesuai dengan lokasi penjemputan dan tujuan, jam, serta tanggal perjalanan. Algoritma ini dirancang secara otomatis dan efisien dengan menambahkan serangkaian filter dalam proses alokasi untuk memastikan pengguna GrabCar mendapatkan tumpangan dengan cepat, kapan pun dan dimana pun dibutuhkan. Dengan algoritma ini, pengguna Grab akan lebih mudah mendapatkan tumpangan kendaraan yang memenuhi syarat baik dari atau menuju area di mana kebijakan plat mobil ganjil-genap diberlakukan.

Kebijakan pencocokan plat nomor kendaraan ganjil-genap ini membatasi jumlah kendaraan yang memasuki jalan-jalan protokol di Jakarta, dengan hanya memperbolehkan kendaraan dengan pelat genap pada tanggal genap dan sebaliknya. Kebijakan ini berlaku untuk Senin-Jumat pada pukul 07:00- 10:00 dan pukul 16:00-20:00. Sebagai contoh, pada hari Senin pagi tanggal 10 Oktober, dimulai dari pukul 07:00 - 10:00, sebuah mobil dengan plat nomor B 2345 GRB tidak diperbolehkan untuk memasuki jalan Jenderal Sudirman, sementara mobil lain dengan nomor plat berakhiran genap atau nol dapat melintasi jalan tersebut.

cara menjadi driver grabcar

ÔÇťAlgoritma penyaringan dan pencocokan ini akan diluncurkan sebagai bentuk dukungan terhadap upaya-upaya pemerintah dalam mengurangi kendaraan pribadi di ibukota pada jam-jam sibuk, seraya membantu pengguna Grab dalam memperoleh transportasi yang nyaman, aman, dan dapat diandalkan,"ujar Bernard Hosanna, Head of Product untuk Grab Indonesia.

Selain itu, algoritma baru ini merupakan salah satu bentuk komitmen Grab terus berinvestasi dalam teknologi dan memanfaatkan layanan pemesanan kendaraan untuk menyelesaikan tantangan transportasi, selagi terus mendukung upaya pemerintah. Kini, penumpang tidak perlu khawatir dan mereka akan dapat dialokasikan dengan mobil dengan nomor kendaraan yang sesuai ketika akan bepergian dari atau menuju area di mana dan ketika kebijakan ini berlaku. Hal ini juga akan mempermudah pekerjaan para mitra pengemudi.

Teknologi, terutama data analytic dan machine learning, menjadi hal yang penting bagi Grab agar bisa membuat layanan dengan memanfaatkan wawasan lokal untuk menyelesaikan permasalahan nyata. Sebagai contoh lainya, Grab memanfaatkan data monitoring secara real-time untuk memenuhi peningkatan permintaan secara real-time, dan memanfaatkan data telematika untuk mengurangi mitra pengendara GrabBike yang melebihi batas kecepatan sampai dengan 35%. Grab akan terus berinvestasi dalam teknologi untuk menyediakan solusi transportasi yang lebih cepat, aman dan handal untuk para penggunanya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)