Grab Ventures Velocity Batch ke-4 Luluskan 6 Startup Terpilih

Diluncurkan pada Juni 2021 lalu, kini Grab Ventures Velocity (GVV) Batch 4 x Sembrani Wira meluluskan 6 startup Indonesia finalis terpilih, yaitu Cooklab, Crewdible, Dagangan, iSeller, majoo, dan Octopus yang telah merampungkan 16 minggu pelatihan dan bimbingan dari mentor terkemuka di industrinya.

Selama program berjalan, tiga startup finalis mendapatkan pendanaan, mulai dari iSeller dengan pre-series B, Dagangan dengan series A, dan majoo dengan pre-series A, yang dapat membantu mereka semakin berkembang.

"Program ini telah turut mengembangkan startup untuk dapat membuat lebih banyak UMKM menyambut masa depan digital. Sejak 2018 hingga 2020, GVV telah memiliki 20 startup dan pada Juni lalu GVV Batch ke-4 diluncurkan. Program ini melibatkan startup yang dapat melayani kebutuhan UMKM untuk go digital di Indonesia. GVV adalah bentuk komitmen kami untuk mendorong pertumbuhan UMKM serta pemulihan ekonomi nasional," ujar Neneng Goenadi, Country Managing Director of Grab Indonesia dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (24/11/2021).

Dalam program bertema ‘Scaling Up Together: Empowering Startup, Supporting Micro Entrepreneurs’ yang merupakan kerja sama antara Grab bersama BRI Ventures, para finalis telah melakukan uji coba produk dan ide bisnis mereka dengan berkolaborasi dalam ekosistem Grab, mulai dari Grabkitchen, Grabfood, Grabmart, hingga Grabexpress untuk menghadirkan solusi bagi UMKM.

Mereka juga mengikuti Impact Day, presentasi dan perkenalan ide bisnis kepada venture capital serta sharing session dengan Anthony Tan, Group CEO and Co-Founder Grab, yang berbagi tentang pengalamannya membangun Grab.

"Kami sangat bangga akan perjalanan para startup finalis dari sesi seleksi hingga hari ini. Sejalan dengan tujuan program GVV Batch 4 x Sembrani Wira untuk mendukung ekosistem startup di Indonesia agar bisa tumbuh dan menjadi lebih kuat, keenam lulusan batch 4 menunjukkan pertumbuhan signifikan dalam kontribusinya untuk UMKM di Indonesia. Mereka telah melalui program uji coba di ekosistem Grab dan akan terus melanjutkan kolaborasi dengan kami,” lanjut Neneng.

Nicko Widjaja, CEO BRI Ventures menambahkan, keenam finalis ini adalah startup-startup pilihan yang tidak hanya potensi besar di industri masing-masing, tetapi juga memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan UMKM nasional.

"Kemampuan para startup ini untuk terus mengembangkan dan menyempurnakan produk-produk inovatif yang dibutuhkan UMKM patut diacungi jempol. BRI Ventures sangat senang dapat menjadi bagian dalam program GVV Batch 4 X Sembrani Wira untuk memberikan dukungan dari segi jaringan, mentorship, dan juga akses terhadap pendanaan modal ventura bagi para finalis ini," katanya.

Menurut Neneng, setelah lulus, keenam startup tersebut memperoleh kesempatan untuk terus melanjutkan kolaborasi dengan layanan Grab, salah satunya adalah dengan menyediakan layanan di Solusi Mitra Grabmerchant.

Adapun keenam finalis di antaranya, pertama Cooklab, adalah platform penyedia makanan sehat siap masak dan siap saji yang disesuaikan dengan kondisi kesehatan dari tiap penggunanya. Cooklab berhasil memperluas jangkauan pasar produk siap sajinya melalui jaringan GrabKitchen di dua lokasi baru, yaitu Pasar Minggu dan Kemayoran.

Crewdible adalah platform gudang online penyedia solusi layanan penyimpanan, pengemasan, dan pengiriman barang bagi UMKM. Crewdible berkolaborasi dengan layanan GrabExpress untuk menguji coba model pengiriman barang yang lebih efisien.

Dagangan merupakan platform social-commerce untuk pendistribusian barang-barang sembako di wilayah pedesaan. Dagangan menjadi supplier GrabMart Daily dan menjangkau pelanggan dan pedagang UMKM di 3 kota yakni Magelang, Kendal dan Tegal melalui aplikasi Grab dan jaringan distribusi Dagangan.

iSeller adalah omni-channel platform mulai dari layanan Point of Sales (POS), manajemen inventori, marketplace integration, dan lainnya bagi UMKM. iSeller berkolaborasi dengan layanan GrabExpress untuk menguji coba aplikasi baru, iSellerGo bagi para UMKM anggota Klub Juragan GrabExpress yang ingin berjualan online.

Majoo adalah platform pengelolaan bisnis UMKM, mulai dari pengelolaan penjualan, pelanggan, pembayaran, inventori, keuangan, karyawan, hingga pembiayaan usaha. Majoo memenghadirkan product bundling berlangganan, majoo Maxima untuk ribuan merchant UMKM di GrabFood.

Terakhir, Octopus merupakan platform logistik limbah daur ulang untuk memudahkan pengumpulan kemasan plastik bekas pakai. Octopus berkolaborasi dengan GrabExpress di bawah program #LangkahHijau, bekerja sama dengan mitra pengemudi untuk penjemputan sampah untuk didaur ulang di area Bandung dan sekitarnya.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)