Grup Danamon Edukasi Ragam Produk Keuangan Syariah

Grup Danamon sebagai pelaku industri keuangan  memiliki peran penting dalam mendorong kemajuan perekonomian syariah. Hal ini dilakukan dengan terus menghadirkan produk dan layanan syariah yang inovatif, serta meningkatkan kesadaran masyarakat akan manfaat dari keuangan berbasis syariah.

Direktur Syariah dan Operasional Bank Danamon, Herry Hykmanto, mengatakan, salah satu produk terbaru dari Danamon Syariah adalah Pembiayaan Pemilikan Rumah Syariah (PPR Syariah) yang secara resmi diluncurkan April 2018 lalu.

PPR Syariah merupakan produk pembiayaan perumahan berakad syariah yang diluncurkan oleh Bank Danamon dengan menggunakan akad Ijarah Muntahiya Bit Tamlik atau sewa beli. Dengan skema ini, nasabah dapat memiliki hunian atau tempat tinggal dengan sistem sewa beli yang diakhiri dengan perpindahan hak milik melalui jual beli atau hibah di akhir masa sewa. PPR Syariah ini juga adalah produk yang pertama menerapkan nilai pokok yang tetap dalam setiap cicilannya sampai masa pembiayaan berakhir sehingga nasabah lebih diuntungkan dengan membayar total angsuran yang lebih rendah,” ujar Herry.

Danamon Syariah juga telah ditetapkan sebagai Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS-BPIH) oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH), sehingga para nasabah yang membuka rekening tabungan haji di Bank Danamon langsung dapat terhubung dengan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (SISKOHAT) dan langsung mendapatkan nomor porsi Haji.

“Produk Tabungan Haji ini merupakan salah satu produk yang kami sediakan untuk melayani masyarakat yang ingin melakukan pendaftaran Haji. Saat ini infrastruktur telah disiapkan, nasabah Bank Danamon dapat mulai mendaftar haji di seluruh jaringan Bank Danamon dalam beberapa bulan kedepan,” tambah Herry.

Sejalan dengan Bank Danamon, Adira Finance turut menyediakan berbagai produk berbasis Syariah, seperti Pembiayaan Otomotif Mobil dan Motor, serta Pembiayaan Paket Umrah. Produk Pembiayaan Umrah Adira Finance Syariah ini diharapkan dapat membantu masyarakat Indonesia untuk menjalankan ibadah umrah dengan aman dan nyaman tanpa harus mengumpulkan uang lebih dulu. Cukup dengan melengkapi persyaratan Pembiayaan Paket Umrah, konsumen dapat langsung berangkat melaksanakan ibadah umrah dengan biro perjalanan yang telah bekerjasama dengan Adira Finance, dan mengangsur belakangan. Kehadiran produk pembiayaan Adira Finance Syariah tersebut, diharapkan dapat menjadi solusi untuk mempermudah masyarakat dalam memenuhi berbagai kebutuhan sesuai siklus kehidupannya dengan nyaman dan berkah melalui akad Murabahah.

Tidak hanya itu, Adira Finance Syariah, saat ini juga terlibat aktif dalam peningkatan market awareness mengenai pembiayaan syariah. Berdasarkan hasil survei tahun 2016 memperlihatkan bahwa pemahaman masyarakat mengenai tingkat literasi dan inklusi keuangan syariah masih tergolong rendah. “Hal ini mendorong kami untuk turut serta berkontribusi melakukan sosialisasi serta edukasi untuk meningkatkan literasi masyarakat mengenai pembiayaan syariah dengan mengeluarkan booklet, video, dan berbagai seminar, serta Program Pendidikan Pembiayaan Syariah yang ditujukan kepada khalayak luas,” ujar Swandajani Gunadi, Direktur SDM dan Marketing Adira Finance.

Adira Insurance pun berkomitmen untuk terus memenuhi kebutuhan nasabah, dengan menghadirkan produk-produk dan layanan terbaik, yang menjadi andalan adalah ‘AIRA’, yang merupakan perlindungan asuransi untuk isi rumah dan apartemen bagi masyarakat Indonesia. Khusus menyambut bulan suci Ramadan dan Idul Fitri, Adira Insurance meluncurkan “AIRA Ramadhan” untuk memberikan perlindungan bagi masyarakat yang meninggalkan rumah atau apartemennya ketika mudik Lebaran.

“AIRA Ramadhan diluncurkan pada Mei 2018 yang bertujuan agar masyarakat merasa aman ketika meninggalkan rumah atau apartemen saat mudik lebaran. Perlindungan ini meliputi risiko kebakaran, pencurian, dan bencana alam. Kami juga melengkapi perlindungan asuransi ini dengan perlindungan kecelakaan, bagi nasabah yang memiliki produk ini,” ujar CEO Adira Insurance, Julian Noor.

AIRA Ramadhan dapat dimiliki oleh nasabah hanya dengan kontribusi sebesar Rp 50.000 untuk masa periode asuransi selama 30 hari. AIRA Ramadhan dikelola sesuai dengan prinsip syariah, dengan proses akuisis yang mudah dan akses klaim yang dapat dilakukan selama 24 jam. Periode program ini berlaku sejak 1 mei 2018 – 30 Juni 2018.

Dalam momen bulan Ramadan dan sebagai bentuk tanggung jawab sosial, Grup Danamon menyampaikan bantuan sosial dengan dana dari Qorhul Hasan. Danamon Syariah menyerahkan dana total sebesar Rp 100 juta, dimana Rp 50 juta diserahkan kepada Dompet Dhuafa dan Rp 50 juta diserahkan kepada LAZ Al Azhar Peduli Ummat (APU).

Begitu pula dengan Adira Finance Syariah, bekerja sama dengan Filantra selaku lembaga kemanusiaan yang mengelola dana sosial masyarakat, menyalurkan bantuan dalam bentuk “Operasional Ambulance Adira Finance Syariah”, sebesar Rp 275 juta.

Pada kesempatan yang sama, Adira Insurance Syariah juga turut memberikan donasi dari dana zakat perusahaan berupa beasiswa pendidikan untuk 100 anak juara melalui Rumah Zakat senilai Rp198 juta untuk meringankan biaya pendidikan bagi anak-anak agar bisa mendapatkan fasilitas pendukung dalam menyelesaikan program wajib belajar.

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)