Grup Kino Pilih Strategi Pemasaran Dekati Komunitas

Kino Group nampaknya memahami kekuatan kelas menengah atas muslim di Indonesia yang bertumbuh pesat dalam lima tahun terakhir. Bank Indonesia pernah mengeluarkan riset bahwa pengeluaran rata-rata kelas menengah atas muslim US$ 10 per hari, populasi mereka tentu sangat besar mengingat mayoritas penduduk Indonesia adalah muslim. Memilih waktu di bulan suci Ramadan, Kino Group meluncurkan Sasha, pasta gigi berbahan siwak yang target utama pasar muslim.

“Produk halal banyak, tapi Sasha beyond halal, tapi kami juga menggunakan bahan siwak yang disunnahkan Rasulullah Muhammad SAW,” kata Danti Nastiti, Brand Manager Sasha Halal Toothpaste pada peluncuran produk ini di Hotel All Seasons Jakarta Thamrin (18/05/2018).

Siwak merupakan salah satu bahan alami yang telah lama dipercaya sejak lama untuk mengatasi masalah kesehatan mulut dan gigi. Diketahui, tanaman dengan batang bengkok berbau khas ini efektif dalam menghilangkan endapan plak dan menjaga kebersihan mulut.

Siwak berasal dari tanaman yang disebut salvadore persica yang tumbuh di sekitar Mekkah dan di Timur Tengah. Beberapa Hadits menyebutkan manfaat siwak dalam menjaga kebersihan mulut. Oleh karena itu, siwak telah digunakan secara luas di kalangan umat Islam sejak Nabi Muhammad SAW, seperti ada tertulis dalam Hadits Riwayat Bukhari, “Dari Hudzaifah Ibnul Yaman Radhiyallahu ‘anhu, dia pun berkata: Adalah Rasulullah jika bangun dari malam dia mencuci menggosok mulutnya siwak.” Hingga kini, siwak sangat dianjurkan dalam program kesehatan gigi preventif di negara-negara Muslim.

“Sasha Halal Toothpaste mengandung bahan alami yang dianjurkan Syaria, tidak mengandung alkohol dan bahan lainnya yang berasal dari hewan,” ujar Danti. Sementara itu, drg. Nada Ismah, Sp.Ort, Dosen Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Indonesia menjelaskan, penggunaan siwak sejak jaman dahulu memiliki alasan yang tepat. “Di dalam siwak terdapat 19 zat alami, seperti fluor, sulfur, anitiseptic Astringent, chlorin, essenial oils, dan lain- lain. Kandungan ini sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mencegah berbagai masalah gigi serta mulut,” jelasnya. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), telah merekomendasikan Siwak sebagai alat pembersih gigi & mulut yang alami.

Siwak pun telah lama digunakan sebagai tradisi turun temurun di banyak negara. “Mengunyah pohon Siwak di Jepang dikenal dengan koyoji, gesam bila di Hebrew, gisa di Aramaic dan mastic di negara- negara lain. Penggunaan siwak ini membuktikan bahwa kayu siwak aman digunakan,” tambah drg. Nada

Penelitian menyebutkan, siwak mengandung sejumlah antiseptik alami yang membunuh mikroorganisme berbahaya di mulut, asam cokelat yang melindungi gusi dari penyakit, mencegah gigi berlubang, berwarna dan membusuk, serta minyak aromatik yang meningkatkan air liur. “Oleh karenanya, siwak sangat baik juga digunakan saat kita memasuki bulan puasa, dimana tidak adanya aktivitas mengunyah selama 12 jam lebih sehingga air liurpun ikut berkurang,” ujarnya lagi.

Danti mengakui bahwa Sasha memang membidik pasar muslim yang besar jumlahnya di Indonesia. “Walau di Indonesia mayoritas muslim, tidak semua tahu bahwa Nabi Muhammad mensunnahkan siwak untuk membersihkan gigi, maka itu pada awal peluncuran fokus kami pada edukasi manfaat siwak,” katanya ketika ditanya target penjualannya.

Dengan tagline Waktunya Hijrah, Sasha lebih fokus menggandeng komunitas-komunitas muslim dna pengajian. “Sebelum grand launch hari ini kami sudah mengadakan acara dengan komunitas hijab, sambutannya sangat bagus,” kata Yuna Eka Kristina Senior PR Manager Grup Kino.

Untuk itulah digandeng influencer yang basis agama Islamnya kuat. Salah satunya, Syifa Fauzia, M.Art, Ketua Umum BKMT (Badan Kontak Majelis Taklim). “Selain itu, kami juga menggunakan brand ambassador pasangan Sheeren Sungkar dan Teuku Wisnu, juga beberapa influenser lain,” tutur Yuna. Untuk saat ini pihaknya belum menggunakan TVC untuk kampanye produk barunya ini.

Yuna juga menjelaskan bahwa merek Sasha merupakan umbrella brand untuk produk personal care dari Grup Kino. “Jadi nanti akan ada produk-produk beyond halal personal care lain dari Kino tahun ini,” katanya.

 

 

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)
Do NOT follow this link or you will be banned from the site!