Hackathon 2019 Dorong Inovasi Teknologi dari Generasi Muda

Kemenkeu mendorong potensi generasi muda dalam bidang programming, desain dan bisnis melalui lomba Hackathon 2019

Berkaitan dengan kencangnya arus revolusi industri 4.0, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) terus melakukan transformasi dalam mendigitalisasi pengawasan keuangan negara agar bisa lebih transparan dan akuntabel bagi seluruh masyarakat Indonesia.

Kemenkeu bersama Accenture Indonesia dan Kalibrr berkolaborasi mengadakan Hackathon 2019 dengan tema “Generasi Peduli #UangKita” yang akan diselenggarakan pada tanggal 1-3 Maret 2019. Ajang ini merupakan upaya Kemenkeu dalam mendorong potensi generasi muda dalam bidang programming, desain dan bisnis. Para peserta nantinya akan mempresentasikan gagasannya dan merancang aplikasi yang berguna bagi Kemenkeu.

Kemenkeu menyadari akan pentingnya generasi muda maupun masyarakat dalam pengawasan keuangan negara. Setelah diseleksi oleh Kalibrr, penyelenggara sudah mendapatkan 39 peserta terpilih lebih dari total 3500 perserta yang telah mendaftarkan sebelumnya. 39 peserta ini nantinya akan dibentuk ke dalam 13 tim untuk membangun aplikasi selama tiga hari. Aplikasi terbaik akan menjadi hak milik Kemenkeu setelah terpilih pada sesi final.

Mohammad Al-Arief, Staf Khusus Menteri Keuangan, menuturkan bahwa Hackathon merupakan lomba perancangan aplikasi yang pertama kali dilakukan oleh lembaga pemerintahan. Kemenkeu ingin mendorong inovasi dari generasi muda Indonesia dalam mendukung informasi publik terkait keuangan negara. Dalam satu tim terdapat tiga keterampilan yang akan berkolaborasi yakni designer, programmer, dan marketer. Juri akan menentukan tiga tim terbaik dan satu pemenang yang akan mendapatkan reward sebesar Rp 50 juta bagi pemenangnya.

“Kami ingin meningkatkan pengetahuan masyarakat mengenai penyusunan dan kebijakan penggunaan anggaran negara dan bagaimana masyarakat itu sendiri akan terlibat dalam proses demi meningkatkan kolaborasi antara pemerintah dan publik. Selain itu, aplikasi terbaik juga diharapkan akan menjadi inisiatif yang regular di Kemenkeu,” imbuhnya.

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)