Hankook Makin Agresif Pasok Ban ke OEM

Produsen ban asal Korea Selatan, Hankook Tire Indonesia, makin agresif dalam memasarkan produknya ke pasar di Tanah Air. Setelah tahun lalu mengajak para distributornya jalan-jalan ke Madrid, Spanyol, kini perusahaan itu berencana akan masuk ke beberapa ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merek) sebagai ban Original Equipment Manufacture (OEM).

Menurut Kim Sun Jung, Wakil Presiden Departemen Penjualan Asia Pacific Han Kook Tire, pihaknya kini sudah menyuplai ban Kinergy EX ke Daihatsu dan Toyota, terutama untuk produk Agya, Ayla, Sienta. “Kami ingin memasok juga ke ATPM lain, selain Daiahtsu dan Toyota,” ujarnya kepada wartawan, di Jakarta, Selasa (28/2/2017).Ban Hankook

Kim menambahkan, selain memasok ban untuk Toyota dan Daihatsu, Hankook Tire juga memasok bannya untuk mobil merek Eropa dan Amerika Serikat, seperti BMW, Audi, dan Ford. "Tapi untuk Indonesia kita hanya itu (Toyota dan Daihatsu). Untuk merek premium atau Eropa itu hanya di luar (negeri), seperti Amerika Serikat (AS)," tambahnya.

Saat ini Hankook sudah memiliki dua pabrik di kawasan Cikarang, Jawa Barat. Pabrik memiliki kapasitas produksi total 12 juta unit ban. Tahun-tahun mendatang, Hankook Tire akan menambah 5 unit pabrik lagi. Lahan sudah tersedia, tinggal realisasinya sembari menunggu perkembangan pasar. Hankook Tire untuk sementara berfokus pada paasar ekspor. Sekitar 94% produk nya diekspor, dan sianya 6 persen untuk pasar domestik. "Karena memang kapasitas di pabrik kami melebihi pasar di Indonesia, sehingga sisa dari produksi di pabrik kami dikirim ke luar Indonesia seperti Eropa dan ASEAN," tutur Kim.

Kim optimistis bahwa pasar ototmotif mengapresiasi produk Hankook. Selain produk yang berkualitas harganya pun kompetitif. Oleh karena itu, setiap tahunnya penjualan Hankook naik 10%. Tahun 2017 Hankok mematok target lebih dari 5%. Untuk menarik minat konsumen, berbagai promo dilakukan, seperti hadiah voucher belanja bagi konsumen yang membeli empat unit ban atau diskon harga sebesar 30%.

Saat ini Hankook Tire menyediakan empat pilihan ban untuk mobil SUV (Sport Utility Vehicle), yakni Dynapro HT, Dynapro AT-M, Dynapro MT, Vantra LT. Untuk mobil penumpang, ada empat pilihan, yaitu Ventus S1 noble2, Ventus V2 Concept2, Kineegy EX dan Optimo MEO2. Sedangkan untuk truk dan bus, Hankook menyediakan delapan pilihan, AH11K, AH15R/K, AL17K, AM06, AM09, AM81, DM07, DM80D dan DM81.

Hankook Tire mulai merambah pasar Indonesia serta membangun pabrik pada 2010 lalu. Pada 2013 lalu Hankook Tire mulai mengoperasikan pabriknya di Cikarang. Selain di Indonesia, Hankook Tire juga punya pabrik di Korea Selatan, Amerika, Hungaria, dan China. (Rian S)

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)