Happiness Festival 2020 Online Saat Bencana Corona

Tahun ini United In Diversity Foundation (UID) kembali mengadakan Happiness Festival untuk mengajak masyarakat Indonesia mewujudkan dan merasakan kebahagiaan seutuhnya yaitu tak hanya untuk diri sendiri, melainkan juga untuk orang lain dan lingkungan. Dengan mengangkat tema “Indonesia Bahagia Lestari”, Happiness Festival 2020 mewakili mimpi untuk mewujudkan Indonesia yang bersatu dan bergotong-royong, memegang teguh kesejahteraan dan kebahagiaan untuk semua tanpa terkecuali.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, penyelenggaraan Happiness Festival di tahun ketiga ini dilakukan secara daring (online) dengan tujuan untuk berpartisipasi dalam pencegahan penyebaran virus corona. Melalui kegiatan ini, #temanbahagia diajak untuk tetap terhubung secara sosial meskipun berjauhan secara fisik pada tanggal 28 Maret 2020.

Happiness Festival 2020 mengajak masyarakat untuk mengurangi jurang kesenjangan sosial di Indonesia, mewujudkan kehidupan kota dan desa yang lebih inklusif, berkelanjutan dan berbahagia, kembali mengenal diri sendiri dan memahami konsep kebahagiaan dari berbagai sudut pandang, serta berperan dalam menangani perubahan iklim sesuai dengan konteks kehidupan kota atau desa. Hal ini dilakukan dengan mengangkat diskusi dengan tema seputar konsumsi yang berkesadaran, desa dan kota yang berkelanjutan serta Bhinneka Tunggal Ika untuk Indonesia yang bahagia dan lestari.

Pembicara yang mengisi sesi dalam Happiness Festival Webinar antara lain, Singgih Kartono (Spedagi Movement), Gita Syahrani (Executive Director, Lingkar Temu Kabupaten Lestari), Yulianti Tanyadji (Principle dari Gappa Lab), Maria Margaretha (Public Campaign Specialist, WWF Indonesia), Nurdiana Darus (Unilever Indonesia Foundation).

Gusdurian, Alissa Wahid, menyebutkan masyarakat Indonesia dari berbagai agama, suku dan adat diikat oleh semangat keindonesiaan. Semua identitas ke-Indonesiaan masyarakat Indonesia tak akan ada tanpa identitas atau keberagaman di Indonesia. Sementara Staf Khusus Presiden, Ayu Kartika Dewi menyebutkan masyarakat Indonesia sendiri masih memiliki definisi toleransi yang berbeda berdasarkan jenis tingkat keaktifan. “Skill toleransi itu dibutuhkan untuk bisa berkolaborasi dengan kelompok lain.

Public Campaign Specialist WWF-Indonesia, Margareth Meutia, mengatakan pesan sustainable consumption bisa dijalankan dengan memahami setiap barang yang dibeli. Ada enam pesan WWF-Indonesia dalam kampanye “Beli Yang Baik”. Founder Spedagi Movement, Singgih Kartono, menambahkan, masyarakat Indonesia bisa menyadari bahwa masa depan Indonesia yang bahagia dan lestari ada di sekitar rumah baik di desa maupun kota.,“Di masa depan, masyarakat kembali memilih tinggal di komunitas kecil, hidup dari sumber-sumber lokal namun terbuka dan terhubung secara global, atau yang disebut dengan Slow, Open, Local, dan Connected atau SLOC," ungkap dia.

Untuk memulai sesuatu inisiatif yang baik, Singgih menyebutkan kepercayaan diri itu sangat penting. Inisiatif yang baik bisa dimulai dari diri sendiri tanpa menunggu pihak yang lain. Harmoni antar hubungan sosial, lingkungan dan spiritual inilah yang menjadi kunci pencapaian kebahagiaan seutuhnya.

Dalam skala global, tingkat kebahagiaan negara-negara di dunia tercatat melalui World Happiness Report (WHR), yang merilis index kebahagiaan setiap tahunnya. Menurut laporan tahun 2020, Finlandia, Denmark, Switzerland, Islandia dan Norwegia adalah 5 negara paling bahagia dari 153 negara yang disurvey. Jika mengambil rata-rata nilai index kebahagiaan dari tahun 2017 hingga 2019, Indonesia berada pada posisi 84, tertinggal dari negara tetangga Singapura, Filipina, Malaysia dan Vietnam.

Namun begitu, melalui aksi-aksi kolaboratif seluruh elemen masyarakat, Indonesia dapat terus memperbaiki nilai index kebahagiaan. Dalam setiap bentuk perubahan, semua pihak harus memulai dari diri sendiri, untuk kemudian dibawa menuju skala yang lebih besar di organisasi, komunitas, dan pada akhirnya di masyarakat. Karena pada akhirnya, kebahagiaan adalah tujuan setiap orang.

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)