Happiness Festival untuk Indonesia Lebih Bahagia

Bersama Bappenas dan UN SDSN, serta berkolaborasi dengan Project Semesta, United in Diversity (UID) mengadakan Happiness Festival. Festival ini sebagai perayaan gerakan kebahagiaan global yang menggabungkan unsur sosial, ekologi, dan spiritual pertama di Indonesia. 

Digelar di Taman Menteng, akhir pekan ini (31 Maret-1 April 2018), Happiness Festival mengajak setiap individu, sektor bisnis, dan pemerintah untuk mengenal lebih dalam Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TPB). TPB adalah sebuah ajakan universal untuk memberantas kemiskinan, melindungi bumi, dan memastikan semua orang hidup damai dan sejahtera. 

Aksi ini berkaitan dengan konsep tentang ‘kebahagiaan’ yang digaungkan oleh PBB dalam laporan tahunan mereka bertajuk World Happiness Report sejak 2012. Variabel yang digunakan untuk mengukur kebahagiaan dan kesejahteraan suatu negara melalui PDB per kapita, angka harapan hidup, bantuan sosial, kebebasan sosial, persepsi korupsi dan kemurahan hati. Pada laporan tahun 2018, Indonesia menduduki peringkat ke-96 

Pada Happiness Festival, UID juga akan meluncurkan Kebahagiaan Piramida SDG untuk mempromosikan TPB. Kebahagiaan Piramida SDG mengelompokkan TPB menjadi 3 komponen penting, yaitu langkah untuk mencapai harmoni antara sesama manusia, ekologi dan kerohanian. “Berlangsung selama 2 hari, festival ini akan merangkul semua elemen masyarakat untuk ikut dalam gerakan kebahagiaan global dan mewujudkan TPB,” ungkap Mari Elka Pangestu, President, United Diversity. 

Menurut Mari Elka Pangestu, Kebahagiaan Piramida SDG menjadi DNA dari festival ini. Agar TPB dapat terwujud dibutuhkan gotong royong dari semua pihak, mulai dari pemerintah, sektor privat, hingga masyarakat madani. “Generasi muda usia 15-30 tahun adalah nyawa dari gerakan TPB, karena lebih dari 25% populasi Indonesia adalah generasi muda. Mereka adalah pemimpin, pewaris, dan agen perubahan untuk mewujudkan TPB yaitu harmonisasi antara sesama manusia, ekologi dan kerohanian,” tambahnya. 

Happiness Festival akan menampilkan sederet aktivitas yang berhubungan dengan kebahagiaan dan kesejahteraan. Acara ini akan dihadiri oleh para pemimpin seperti: Bambang Brodjonegoro, Marzuki Usman, Aristides Katoppo dan Gde Ardika; pemimpin dari sektor privat: Cherie Nursalim, Catharina Widjaja, Maria Dewantini Dwianto, Gracia Danarti, Vikra Ijas, Leonard Theosabrata; figure publik dan para ahli: Reza Gunawan, Ade Rai, Eva Celia, Andien, White Shoes and the Couples Company dan masih banyak lagi. 

Selama 2 hari akan ada serangkaian workshop dan dialog, seperti Sustainable Food Consumption oleh Burgreen-GEMASS-Sayur Box-Krakakoa, DIY Turmeric Based Home Remedy oleh Rahsa Nusantara, DIY Terrarium for Kids oleh Kawan Cendekia, Upcycling Fashion Waste oleh Threadapeutic, DIY Natural Lipbalm oleh Peek.Me Naturals, Good Deeds: Happy Volunteering oleh Indo Relawan dan masih banyak lagi.

 

Editor : Eva Martha Rahayu

www.swa.co.id

Leave a Reply

Sign In

Get the most out of SWA by signing in to your account

(close)

Register

Have an account? Sign In
(close)